Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menempatkan personel di seluruh gereja di wilayah itu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan beribadah pada Jumat Agung dan perayaan Paskah.

Kabagops Polres Kulon Progo Kompol Somalugi di Kulon Progo, Jumat, mengatakan pengamanan Paskah tahun 2024 ini dimulai dari sterilisasi beberapa gereja besar di Kulon Progo, dan pengamanan rangkaian kegiatan pengamanan misa Paskah Rabu abu, Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah pada Minggu.

"Sterilisasi dilakukan untuk memastikan lokasi gereja yang akan digunakan untuk pelaksanaan ibadah dan perayaan Paskah terjamin keamanannya," kata Kompol Somalugi.

Ia berharap sterilisasi dan pengamanan di gereja-gereja diharapkan memberi keamanan dan kenyamanan bagi seluruh umat Kristiani yang menjalankan ibadah Paskah.

Sementara untuk mewujudkan keamanan dalam pelaksanaan Paskah, Polres Kulon Progo mengerahkan 307 personel polres dan polsek yang digelar di seluruh gereja yang digunakan perayaan Paskah dari 28-31 Maret 2024.

"Pengamanan bersifat terbuka dan tertutup. Kami berharap perayaan Paskah berlangsung damai dan lancar," katanya.

Dia mengatakan setiap perayaan ibadah di seluruh gereja dilaksanakan pengamanan oleh personel Polri.

"Personel yang diturunkan dalam kekuatan penuh dan personel Polres Kulon Progo tidak hanya melakukan pengamanan di gereja, namun juga melakukan patroli.

Demi memastikan kehadiran personel pengamanan perayaan Paskah 2024, Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setyowati melakukan pengecekan dan kontrol kesiapsiagaan personel Polres Kulon Progo yang melakukan pengamanan ibadah di gereja di wilayah Kulon Progo. Seperti yang dilaksanakan Kapolres Kulon Progo yang didampingi Pamatwil AKP Sri Purwanti, Kapolsek Temon, anggota Polsek Temon dan Bhabinkamtibmas kalurahan Kebonrejo Aiptu Mulyadi dengan melaksanakan pengamanan dan monitoring kegiatan peribadatan Jumat Agung di Gereja Pepanthan Seling.

Kapolres Nunuk Setyowati mengatakan tugas tanggung jawab pengamanan ibadah Paskah merupakan kewajiban dari anggota Polri selaku pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat, dan hal tersebut akan kita lakukan secara maksimal.

“Pengamanan seluruh gereja di Kabupaten Kulon Progo untuk menjamin keamanan dan kenyamanan perayaan Paskah 2024," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Kulon Progo mengimbau kepada anggota untuk selalu memberikan pelayanan pengamanan terbaik dalam kegiatan ibadah Paskah dengan tetap mengedepankan sikap santun dan humanis.

"Kami imbau personel yang menjalankan tugas mengedepankan pelayanan yang humanis," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024