Palangka Raya, Kalteng (ANTARA) - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, menyebutkan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada 2024 menyasar tanah warga di 36 desa.

"Penetapan 36 desa itu berdasarkan seleksi kesiapan desa dan telah ditetapkan melalui surat keputusan (SK) dengan jumlah kuota tahun 2024 sebanyak 6.000 sertifikat," kata Koordinator Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran BPN Kobar Mokhamad Dwikuwanto di Pangkalan Bun, Kalteng, Jumat.

Dia menerangkan ke-36 desa itu tersebar di lima kecamatan Kobar yakni Arut Selatan (Arsel), Kumai, Pangkalan Lada, Kotawaringin Lama (Kolam), dan Arut Utara.

Ia mengatakan kuota 6.000 sertifikat tersebut, terbagi menjadi dua kegiatan pensertifikatan yaitu 1.000 PTSL ASN dan 5.000 PTSL partisipasi masyarakat (PM).

"Disebut PM, karena ada partisipasi masyarakat untuk pengukuran, sementara ASN pengukuran dilakukan kita sendiri," katanya.

Dwikuwanto mengatakan di Kecamatan Arsel, desa yang menjadi sasaran program PTSL adalah Kelurahan Baru, Kelurahan Madurejo, Desa Natai Baru, Desa Natai Raya, Sidorejo, Tanjung Putri, dan Umpang.

Kemudian, di Kecamatan Kumai dan Pangkalan Lada, ada di Desa Batu Belaman, Kelurahan Candi, Desa Kubu, Kelurahan Kumai Hilir, Desa Pangkalan Satu, Desa Teluk Pulai, Desa Pandu Senjaya, Pangkalan Tiga, Purbasari, dan Desa Sungai Melawen.

Selanjutnya di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) yakni Babual Baboti, Ipuh Bangun Jaya, Kinjil, Kondang, Lalang, Palih Baru, Riam Durian, Rungun, Sagu Sukamulya, Sakabulin, Sukajaya, Sukamakmur, dan Tempayung.

Sedangkan, kuota di Kecamatan Arut Utara, terseleksi di lima desa dan kelurahan, meliputi Desa Gandis, Desa Panahan, Desa Pandau, Kelurahan Pangkut, dan Desa Riam.

"Sertifikat program PTSL ini ditargetkan selesai pada September 2024," katanya.

Dia pun membenarkan bahwa beberapa waktu lalu pihaknya telah melantik panitia ajudikasi PTSL untuk kelurahan dan desa terkait.

Sejak 2017 hingga saat ini, BPN sudah menerbitkan sebanyak 31.230 sertifikat PTSL di Kobar.

"Kami menghimbau masyarakat di desa/kelurahan (36 desa) yang berminat mengikuti program PTSL 2024 bisa menghubungi kelurahan setempat atau datang langsung ke kantor ATR/BPN Kobar," kata Dwikuwanto.

Pewarta: Rendhik Andika/Safitri RA
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024