Jakarta (ANTARA News) - Para pecinta buku bisa memanfaatkan diskon yang ditawarkan gerai-gerai toko buku di ajang Indonesia Book Fair 2013 yang berlangsung 2-10 November 2013 di Istora Senayan, Jakarta, untuk menambah koleksi. 

Beberapa gerai menawarkan diskon 50 persen pada buku-buku tertentu. Ada pula gerai yang menawarkan diskon sampai 80 persen.

Gerai toko buku tenbooks yang menawarkan diskon hingga 80 persen untuk buku, komik dan majalah ramai pengunjung pada Senin siang.

"Paling banyak ibu-ibu dan anaknya yang masih usia sekolah taman kanak-kanak serta remaja," kata Hamim, staf toko buku tenbooks.

Gerai itu menjual macam-macam jenis buku termasuk buku bisnis, ekonomi, psikologi, kesehatan, dan politik serta aneka komik, novel dan majalah yang setelah didiskon harga satuannya berkisar antara Rp8 ribu sampai Rp35ribu.

Menurut Hamim, kebanyakan pengunjung mencari buku dongeng dan bacaan anak serta novel dan komik di gerainya.

"Walaupun buku novel maupun komiknya tergolong terbitan tahun lama, menurut saya masih cukup bagus untuk tambah informasi, apalagi diskonnya fantastis," kata Arman Tyo, pengunjung gerai yang memborong lima novel.

Sementara gerai Zahra Publishing menawarkan potongan harga antara 30 persen hingga 50 persen.

Diskon 30 persen diberikan untuk pembelian satu sampai dua buku, 40 persen untuk pembelian tiga sampai empat buku dan 50 persen untuk pembelian minimal lima buku. 

Harga satuan sebelum diskon untuk beberapa novel dan buku nonfiksi di gerai itu antara Rp49 ribu sampai Rp70 ribu.

Gerai Mizan juga memberikan potongan harga sampai 50 persen. Buku JK Rowling yang berjudul "The Casual Vacancy" dijual dengan harga Rp79.500 dan "Da Vinci Code" karya Dan Brown dengan harga Rp69.000.

"Biasanya kalau pameran seperti ini banyak diskon, jadi harus dimanfaatkan," kata Roni Waluya, seorang pengunjung yang mengaku sengaja datang ke pameran untuk mencari buku dengan harga diskon.

"Diskonnya lumayan, bahkan ada toko buku yang sampai 80 persen diskonnya," kata Armi Julia, pengunjung yang lain.


Pewarta: Yakob Arfin T Sasongko
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013