Perlu diketahui bahwa menjelang Halving secara historis terjadi volatilitas di pasar aset kripto
Jakarta (ANTARA) - PT Utama Aset Digital Indonesia (Bittime) menilai terdapat empat jenis token yang layak dicermati untuk dijadikan diversifikasi portofolio aset kripto menjelang peristiwa Halving Bitcoin.

Keempat token itu adalah Ondo Finance (ONDO), Internet Computer Protocol (ICP), Dogecoin (DOGE), serta Aevo (AEVO).

CEO Bittime Ryan Lymn memperkirakan Halving Bitcoin akan terjadi pada pertengahan April 2024, yang merupakan peristiwa siklus empat tahunan yang paling ditunggu pelaku pasar kripto.

"Kenaikan Bitcoin kali ini didukung banyak hal, mulai dari persetujuan ETF Bitcoin di pasar modal Amerika Serikat (AS), kebijakan suku bunga The Fed, hingga Halving. Hal ini mengerek risk appetite investor dan pada akhir mendukung pasar aset kripto secara keseluruhan," ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan hal tersebut mengerek harga Bitcoin mencapai puncaknya pada 73.373 dolar AS untuk pertama kalinya dalam sejarah, dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai rekor tertinggi baru 1,4 triliun dolar AS pada Maret 2024.

"Namun, perlu diketahui bahwa menjelang Halving secara historis terjadi volatilitas di pasar aset kripto. Karena itu, penting bagi pelaku pasar untuk tetap memantau aset kripto lain sebagai diversifikasi portofolio," ujar Ryan.

Dalam kesempatan sama, Product Manager Bittime Fransiskus Bupu Awa Du'a menyebut harga Bitcoin terpantau melemah cukup tajam sebelum dua momentum Halving pada 2016 dan 2020, yang menunjukkan sebaiknya pelaku pasar melakukan diversifikasi aset agar portofolio tetap positif.

"Kami melihat ada beberapa token yang memiliki potensi untuk memberikan performa positif dalam masa menjelang Bitcoin Halving. Hal yang kami pertimbangkan antara lain roadmap proyek, narasi yang diusung, dan komunitas yang mendukungnya," ujarnya.

Bittime merupakan platform investasi aset kripto terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Komunikasi & Informatika (Kominfo), serta anggota Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) dan Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo).

Bittime telah me-listing beberapa koin yang tengah digandrungi pelaku pasar, di antaranya ZK, BABYDOGE, SFUND, SSV, dan AGI.

Baca juga: Bittime prediksi Ethereum tembus 5.000 dolar AS usai manuver BlackRock
Baca juga: Indodax sambut antusias POJK tentang Inovasi Teknologi Sektor Keuangan
Baca juga: Bittime proyeksikan harga kripto Bitcoin akan menguat ke Rp1,2 miliar

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024