Meme coin sebaiknya dikoleksi untuk menjadi bagian dari diversifikasi portofolio saja
Jakarta (ANTARA) - PT Utama Aset Digital Indonesia atau Bittime merekomendasikan lima token meme coin yang layak dijadikan bagian dari diversifikasi portofolio aset kripto, yakni Floki, Pepe Coin, Dogecoin, Myro, serta Wen.

CEO Bittime Ryan Lymn menyebut meme coin bekerja dengan cara yang sama seperti aset kripto lainnya, yang mana sama-sama beroperasi pada teknologi blockchain, namun penggerak nilainya lebih berasal dari popularitas, bukan dari roadmap, ekosistem, dan metrik keuangan yang tradisional.

"Meme coin sebaiknya dikoleksi untuk menjadi bagian dari diversifikasi portofolio saja. Hal itu karena jenis aset kripto ini sangat volatile, yang mana kenaikan yang tinggi diikuti pula dengan risiko yang tinggi," ujar Ryan sebagaimana keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan kebanyakan kenaikan meme coin disebabkan dukungan komunitas yang besar ataupun cuitan atau interaksi dengan beberapa selebritis di media sosial.

"Harganya bisa meroket atau turun dengan cepat didorong oleh tren dan cuitan di media sosial, dibandingkan karena faktor ekonomi yang mendasarinya. Hal itu menjadikannya instrumen yang cocok bagi investor yang mencari keuntungan cepat berdasarkan sensasi dan tren, bukan dari nilai atau utilitas jangka panjang," ujar Ryan.

Lanjutnya, perbedaan antara meme coin dan aset kripto biasa seperti Ethereum (ETH) atau Bitcoin (BTC) adalah cakupan utilisasinya, yang mana meme coin hanya memiliki kegunaan yang terbatas sebagai instrumen investasi digital.

Namun demikian, ia memastikan tim riset Bittime terus memantau pergerakan meme coin di situasi pasar kripto yang bullish saat ini.

Bittime adalah platform investasi aset kripto yang telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementerian Komunikasi & Informatika (Kominfo), yang merupakan anggota Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) dan Asosiasi Perdagangan Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo).

Baca juga: Bittime proyeksikan harga kripto Bitcoin akan menguat ke Rp1,2 miliar
Baca juga: Bittime: Industri aset kripto berkontribusi ke negara lewat pajak
Baca juga: Bittime: Pasar kripto akan rebound pasca-rilis Fed dan jelang halving

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024