Jakarta (ANTARA) - Penata rias profesional Kirana Fary mengatakan warna earth tone dan pink dengan look yang segar akan mendominasi tata rias untuk wanita pada saat hari raya Idul Fitri nanti.

“Seputaran warna earth tone, warna bronzy sama ke pink agak tua, pokoknya intinya segar tapi nggak menor,” ucap Kirana saat ditemui media di acara Wardah Beauty Conference di Jakarta, Sabtu.

Ia juga mengatakan ada teknik make up baru yang juga akan menjadi perhatian orang di 2024 kali ini yaitu eye liner menggunakan highlighter warna nude dan eye liner cokelat. Menurutnya warna-warna eye liner ini jarang digunakan orang namun saat ini akan menjadi tren karena akan memberikan nuansa yang berbeda dari biasanya.

Baca juga: Wardah kenalkan 5 tren "makeup look" di panggung IFW 2023

Kirana mengatakan, warna make up bisa disesuaikan dengan warna dasar kulit masing-masing, yang terdiri atas warna kulit hangat (warm undertone) dan dingin (cool undertone) yang ditandai dengan warna urat nadi dibalik pergelangan tangan.

Ia juga memberikan tips untuk mencoba bedak atau foundation di bawah rahang agar menemukan warna yang pas di kulit. Untuk yang menggunakan hijab, Kirana juga menyarankan untuk memilih warna make up yang sedikit lebih terang dari warna kulit dasar.

“Tips juga untuk yang berhijab jangan takut untuk pakai tone yang lebih terang sedikit dengan tone aslinya, karena yang berhijab kulitnya benar-benar bersentuhan dengan kain yang akan bikin tone down lebih cepat, tapi jangan terlalu jauh warnanya,” jelas Kirana.

Baca juga: Makeup X Skincare hingga makeup berkelanjutan akan tren di 2023

Untuk menjaga riasan tetap awet, ia menyarankan untuk terlebih dahulu menggunakan serum atau pelembap sebagai skin preparation. Persiapan kulit dengan perawatan wajah penting untuk membuat wajah lebih terlihat segar dan make up lebih menempel tahan lama.

Hindari penggunaan produk perawatan wajah yang menyebabkan kulit iritasi dan terkelupas seperti retinol atau yang mengandung merkuri, karena make up akan sulit menempel. Dan juga jaga riasan agar tidak terlalu banyak tergesek yang menyebabkan riasan luntur.

“Step-stepnya skin prep sudah pasti, harus dikasih jeda antara skin prep dengan foundation biasanya sampai agak meresap, kalau serum dia akan lebih glow kalau udah meresap, setelah itu boleh pakai foundation atau cushion, tapi untuk sehari-hari aku saranin pakai cushion itu sudah cukup,” ucap Kirana. 

Baca juga: Empat tren makeup di 2023 berdasarkan tipe-tipe kepribadian

Baca juga: Wardah memperkenalkan enam tren riasan terbaru


Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024