Geothermal itu kan banyak terdapat di remote area. Di daerah-daerah yang jauh, bahkan jauh dari kota, jauh dari industri
Jakarta (ANTARA) - Founder dan Chairman PT Supreme Energy Supramu Santosa mengatakan optimalisasi pemanfaatan energi panas bumi atau geothermal bisa meningkatkan perekonomian di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).
 
Dirinya mengatakan, hal itu karena potensi geothermal di Indonesia banyak dimiliki oleh wilayah yang jauh dari perkotaan.
 
"Geothermal itu kan banyak terdapat di remote area. Di daerah-daerah yang jauh, bahkan jauh dari kota, jauh dari industri," ujarnya di Jakarta, Sabtu.
 
Menurutnya dengan membangun fasilitas eksplorasi panas bumi tersebut, secara langsung bisa memberikan efek berkesinambungan (multiplier effect) terhadap masyarakat dan daerah sekitar.
 
Adapun saat ini energi panas bumi itu dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik yang ramah lingkungan, serta bisa mendorong terwujudnya program net zero emissions (NZE) atau nol emisi karbon Indonesia pada tahun 2060.
 
"Karena hampir semua geothermal itu terletak di daerah-daerah yang jauh, dari masyarakat yang tidak terjamah, dari remote area, dan ini menimbulkan multiplier effect ekonomi yang luar biasa. Pembangunan jalan di sana, misalnya kita di daerah Sumatera Selatan kita masuk ke hutan lalu membangun jalan sekitar 65 kilometer," katanya.
 
Selain itu ia mengatakan di balik manfaat yang besar dari geothermal, energi panas bumi ini mempunyai nilai eksplorasi yang mahal dan risiko eksploitasi yang tinggi.
 
Sehingga untuk mewujudkan hal tersebut perlu komitmen dan dukungan besar dari pemerintah, agar pengembangan geothermal, serta pemanfaatannya bisa dilakukan secara optimal.
 
"Kalau kita mau develop geothermal, harus ada kebijakan dari pemerintah yang mengakomodasi itu. Pemerintah itu membandingkan harga geothermal sekian, harga solar sekian, energi sekian. Sebetulnya kita harus melihat energi mix-nya berapa, karena semuanya mempunyai kelebihan," ujarnya.
 
Sebelumnya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan energi panas bumi (geotermal) di Indonesia mampu menghasilkan listrik hingga 24 gigawatt.
 
Potensi tersebut muncul karena Indonesia menjadi negara dengan geotermal terbesar di dunia, yakni 40 persen dari potensi energi panas bumi dunia.
 
Meski memiliki potensi yang besar, saat ini pemanfaatan energi panas bumi yang menjadi penyumbang untuk pembangkit listrik masih kurang dari 10 persen.
 
Adapun pemerintah pada 2025 menargetkan menghasilkan energi listrik dari energi baru terbarukan (EBT) 31 gigawatt.

Baca juga: Pertamina Geothermal raih laba bersih 163,57 juta dolar AS selama 2023
Baca juga: Wapres bidik peluang kerja sama geotermal RI-Selandia Baru

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024