mengimbau agar para calon pemudik juga tetap teliti dalam melakukan pemesanan
Bandarlampung (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang menambah 7.488 kursi selama momen angkutan Lebaran 2024 dengan menambah dua gerbong kereta api (KA) ekonomi.

"Dengan adanya penambahan tiket tersebut ketersediaan kursi pada momen angkutan lebaran menjadi 58.968 kursi dari sebelumnya yang sebanyak 51.480," kata Manager Humas KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang Azhar Zaki Assjari, di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan bahwa penambahan kursi dilakukan dengan menambah satu kereta ekonomi pada 3-18 April 2024 di rangkaian KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang sampai dengan Baturaja (PP) yang pada kondisi normal jumlah tempat duduknya 320 kursi.

"Namun karena adanya penambahan maka untuk rangkaian KA Kuala Stabas relasi Tanjungkarang sampai dengan Baturaja (PP) menjadi 384 kursi per hari. Ada 64 penambahan kursi dalam seharinya," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, penambahan gerbong kereta dilakukan pada KA Rajabasa relasi Tanjungkarang sampai dengan Kertapati (PP) yang pada kondisi normal jumlah tempat duduknya 530 kursi.

"Dengan penambahan tersebut total per hari terdapat 636 kursi per hari. Jadi pada rangkaian KA Rajabasa relasi Tanjungkarang sampai dengan Kertapati (PP) ada penambahan 106 kursi per harinya," kata Zaki.

Baca juga: KAI: Tiket mudik Lebaran baru terjual 1,873 juta kursi
Baca juga: 32 ribu tiket KA dari Stasiun Malang terjual saat masa Lebaran


Zaki mengatakan bahwa KAI Tanjungkarang menetapkan masa Angkutan Lebaran 2024 mulai Minggu (31/3) hingga 21 April 2024 atau selama 22 hari.

"Untuk pemesanan KA Rajabasa dapat dilakukan mulai H-45 dan KA Kuala Stabas mulai H-7 dari tanggal keberangkatan," ujarnya.

Penambahan tiket ini merupakan momen bagi masyarakat yang kehabisan tiket Lebaran untuk segera kembali mengecek ketersediaan tiket melalui Access by KAI, website kai.id, serta seluruh kanal resmi pemesanan lainnya.

"Melalui program penambahan kursi kereta api ini tentunya ketersediaan di platform penjualan tersebut juga akan berubah dan bertambah,” kata dia.

Selain itu, Zaki mengatakan pantauan pada Minggu (31/3) hingga pukul 03.00 WIB yang, semula tiket KA Rajabasa telah habis terjual kini tersedia kembali sebanyak 1.282 untuk rute Kertapati-Tanjungkarang dan 1.094 untuk rute sebaliknya.

“Kami mengimbau agar para calon pemudik juga tetap teliti dalam melakukan pemesanan. Pastikan tanggal yang dipesan sudah sesuai dengan tanggal keberangkatan," kata dia.

Baca juga: KAI siagakan 842 personel antisipasi gangguan prasarana saat mudik
Baca juga: KAI Cirebon antisipasi 10 titik rawan bencana saat mudik Lebaran
Baca juga: KAI minta penumpang KA Lebaran 2024 tidak bawa barang berlebihan

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024