Jakarta (ANTARA) - Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengaku sangat bangga setelah timnya mencatatkan dua kali clean sheet melawan Manchester City musim ini menyusul laga tanpa gol dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad, Minggu (31/3).

Pada laga itu, Arsenal membuat City frustasi dengan hanya melepaskan satu tembakan tepat sasaran dari 12 total tembakan.

Hasil clean sheet ini mengulangi kemenangan The Gunners atas The Citizens pada 8 Oktober tahun lalu ketika menang 1-0 di Stadion Emirates sekaligus pada saat yang sama membuat tim asuhan Pep Guardiola itu kembali gagal mencetak gol di kandang sejak kalah dari Crystal Palace dengan skor 0-2 Oktober 2021 silam.

“Sangat sulit untuk melakukan hal tersebut, namun hal ini menunjukkan komitmen setiap pemain, disiplin yang mereka tunjukkan, dan cara mereka bersaing,” kata Arteta, dilansir dari laman resmi klub, Senin.

“Ini pertama kalinya mereka tidak mencetak gol di kandang dalam tiga tahun, jadi itulah tim yang luar biasa,” lanjutnya.

Baca juga: Laga Manchester City vs Arsenal berakhir imbang tanpa gol

Pelatih asal Spanyol itu lalu memuji penampilan pemain-pemain bertahannya yang mempunyai andil penting dalam memutus rekor buruk Arsenal yang selalu kalah di Etihad selama delapan tahun terakhir sejak hasil imbang 2-2 pada Mei 2016 silam.

Pada laga itu, duet Gabriel Magalhaes dan William Saliba menjadi benteng kokoh sebagai bek tengah. Kedua pemain itu diapit Jakub Kiwior dan Ben White di posisi bek kiri dan bek kanan.

“Itu adalah pertandingan yang mendebarkan, pertandingan yang sangat sulit, lawan yang sangat menuntut, tapi saya pikir kami berkompetisi dengan sangat baik,” kata Arteta.

“Secara defensif, saya pikir kami luar biasa. Kami harus menyerang dan memberikan tekanan kepada mereka di lini depan, menurut saya kami tampil sangat bagus dan menciptakan banyak kesulitan,” tambahnya.

Dengan hasil ini, Meriam London yang memimpin klasemen sementara sebelum jeda internasional pertengahan Maret lalu, turun ke posisi kedua karena digeser Liverpool yang meraih kemenangan 2-1 atas Brighton & Hove Albion di Anfield, Minggu (31/3).

Meriam London berada di posisi kedua klasemen sementara dengan 65 poin, terpaut dua poin dari The Reds di puncak klasemen dan unggul satu poin dari City di posisi ketiga.

Arteta mengatakan dengan sembilan laga tersisa, ia tak berkomentar banyak soal perburuan juara karena semua masih bisa terjadi.

“Sebelas bulan yang lalu kami berada di sini dan ceritanya sangat berbeda, dan Anda harus terus mengambil langkah sebagai sebuah tim dan mencoba untuk berkembang dan hari ini kami telah melakukannya. Masih banyak lagi yang akan kita lakukan,” kata pelatih 42 tahun itu.

Baca juga: Pep ungkap rasa puasnya meski hanya bermain imbang lawan Arsenal
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Liverpool geser Arsenal dari puncak klasemen


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024