Jakarta (ANTARA) -
Pelatih tim nasional Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengapresiasi bantuan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan para pemilik klub Liga 1, sehingga tim asuhannya dapat berangkat lebih awal ke Dubai untuk menjalani pemusatan latihan menuju Piala Asia U-23.

Tim Garuda Muda akan berangkat pada Senin malam untuk melakukan pemusatan latihan selama sepuluh hari serta memainkan dua pertandingan persahabatan. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari persiapan sebelum timnas U-23 tampil di turnamen Piala Asia U-23 yang berlangsung di Qatar, pada 15 April hingga 3 Mei mendatang.

“Jadi memang sebelumnya saya berpikir kami sulit untuk berangkat tanggal 1 April ini, tetapi Pak Erick dan owner tim masing-masing serta pelatih Liga 1 semua menjadi satu dan membantu untuk timnas. Jadi saya mengucapkan terima kasih banyak,” kata Shin saat ditemui di Jakarta, Senin.

Baca juga: PSSI panggil 27 pemain untuk pemusatan latihan menuju Piala Asia U-23

Lebih lanjut Shin menyatakan bahwa timnya hanya memiliki waktu persiapan yang sedikit, tetapi ia berjanji akan mengerahkan segenap kemampuannya untuk memoles timnas U-23 agar dapat meraih hasil optimal di Piala Asia U-23.

“Jujur ya sebagai pelatih memang kurang cukup waktunya tetapi namanya pelatih memang harus begitu. Maksudnya dalam waktu yang singkat ini mudah-mudahan kita bisa membuat tim yang lebih terbentuk dan menjadi baik. Jadi dalam waktu yang singkat ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya agar bisa menjadi tim yang baik,” ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1 belum lama ini mengumumkan penghentian sementara liga untuk menyesuaikan dengan penampilan timnas di Piala Asia U-23. Hal itu sempat memicu pro dan kontra, namun Shin berharap semua pihak dapat memaklumi keputusan yang diambil karena semua bermuara kepada timnas.

Baca juga: Liga 1 pekan ke ke-31 diliburkan hingga Piala Asia U-23 selesai

“Memang bisa dibilang tekanan pasti ada ya. Memang sulit juga buat Liga Indonesia tapi saat ini kan timnas Indonesia semakin berkembang juga dan saya bekerja keras untuk memajukan sepak bola Indonesia. Jadi semoga tidak melalui tekanan itu,” katanya.

Indonesia menghuni Grup A pada Piala Asia U-23 tahun ini. Mereka berada satu grup dengan tuan rumah Qatar, Jordania, dan Australia.

Tim Garuda Muda akan memainkan pertandingan pertama dengan menghadapi Qatar pada 15 April, dilanjutkan dengan laga melawan Jordania pada 18 April, dan melakoni laga terakhir fase grup dengan menantang Australia pada 21 April.

Baca juga: NOC apresiasi penundaan Liga 1 untuk langkah timnas menuju Paris
Baca juga: Erick Thohir ajak timnas sepak bola berjuang lolos Olimpiade

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024