Jakarta (ANTARA) -
Bek asal klub Liga Belanda Heerenveen Nathan Tjoe-A-On turut dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan tim nasional Indonesia U-23 di Dubai, yang dipersiapkan untuk mengikuti Piala Asia U-23.

Pada daftar awal yang dirilis PSSI pada Senin dini hari WIB, belum terdapat nama Nathan dalam skuad yang dipersiapkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Nama Nathan baru masuk sekira pagi hari dan berita di laman resmi PSSI telah diralat untuk menyebut pelatih Shin memanggil 28 pemain ke Dubai.

Shin menilai terlambat masuknya nama Nathan dalam daftar yang dirilis PSSI bukan masalah, sebab skuad yang ada pun masih akan dipangkas sehingga menyisakan 23 pemain untuk tampil di Piala Asia U-23.

“Memang masih ada di dalam list tim ya, Nathan memang untuk Piala Asia (U-23), memang harus serahkan 23 pemain tetapi ini yang diumumkan 28 pemain ya. Kita lagi push juga, kita masih coba untuk panggil ke timnas U-23 karena masih ada waktu sampai sehari sebelum pertandingan Piala Asia (U-23),” kata Shin saat ditemui pewarta di Jakarta, Senin.

Baca juga: Nathan Tjoe-A-On lengkapi 28 pemain untuk persiapan Piala Asia U-23

Timnas U-23 akan menjalani pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab, selama sepuluh hari. Selain berlatih, tim Garuda Muda juga akan memainkan dua pertandingan uji coba di Dubai, sebelum kemudian terbang ke Qatar dan bermain di Piala Asia U-23.

Dalam kesempatan itu, Shin juga menceritakan bahwa ia dan PSSI sedang mengusahakan agar pemain keturunan Belanda Calvin Verdonk bisa dinaturalisasi. Sedangkan untuk kiper klub Yunani, Cyrus Margono, yang belum dipanggil masuk timnas U-23, Shin beralasan dia belum pernah melihat langsung penampilan pemain yang baru pada akhir Maret lalu mendapatkan kewarganegaraan Indonesia itu.

“Pemain tadi (Calvin) memang sedang mencari naturalisasi, mungkin saja awal Juni sudah selesai. Dan saya sudah lihat langsung performa pemain tersebut dan sangat baik untuk membantu timnas Indonesia. Untuk Cyrus jujur belum pernah lihat langsung. Jadi saya belum bisa bicara apa-apa. Apalagi tidak semua pemain yang menjadi warga negara Indonesia lalu bisa masuk timnas Indonesia,” ucap mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.

Baca juga: STY apresiasi bantuan Erick Thohir agar timnas berangkat awal ke Dubai

Pada Piala Asia U-23 tahun ini, Indonesia berada di grup yang cukup berat yakni Grup A. Selain Indonesia Grup itu juga dihuni oleh tuan rumah Qatar, Jordania, dan Australia.

Tim Garuda Muda akan memainkan pertandingan pertama dengan menghadapi Qatar pada 15 April, dilanjutkan dengan laga melawan Jordania pada 18 April, dan melakoni laga terakhir fase grup dengan menantang Australia pada 21 April.

“Saya bukan Tuhan, jadi saya pastinya berusaha semaksimal mungkin agar diberi hasil yang baik. Sekarang sepak bola Indonesia memang sedang maju dan perjalanan masih jauh. Jadi saya tidak bisa tentukan target kita apa, saya tidak bisa pastikan kita sampai target,” kata Shin saat ditanyai mengenai target pribadinya di turnamen tersebut.

Baca juga: Liga 1 pekan ke ke-31 diliburkan hingga Piala Asia U-23 selesai
Baca juga: NOC apresiasi penundaan Liga 1 untuk langkah timnas menuju Paris

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024