Kalau dari laporan dan diatas kertas keberadaan Puskesmas banyak sekali, dan harusnya bisa menjadi ujung tombak bagi kesehatan masyarakat,"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono menilai keberadaan Puskemas sebenarnya sudah cukup, sehingga tidak ada alasan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terhambat.

"Kalau dari laporan dan diatas kertas keberadaan Puskesmas banyak sekali, dan harusnya bisa menjadi ujung tombak bagi kesehatan masyarakat," kata Wapres Boediono saat menerima 20 Pencerah Nusantara angkatan Pertama di Kantor Wapres Jakarta, Rabu.

Hadir dalam acara itu Utusan Khusus Presiden untuk Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) Nila F Moeloek, serta 20 dari 30 Pencerah Nusantara angkatan pertama yang bertugas di daerah terpencil seperti di Mentawai (Sumatera Barat), Berau (Kaltim), Tosari (Jatim), Karawang (Jabar).

Menurut Boediono, Puskesmas sebenarnya merupakan ujung tombak bagi masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan.

Dikatakan, kalau selama ini ada keluhan Puskesmas tidak bisa beroperasi secara optimal, maka ada yang salah kepada pihak yang berwenang dan tentu harus diperbaiki.

Boediono mengaku bahwa distribusi dokter di Puskesmas masih belum merata, karena banyak dokter yang berada di daerah yang "enak", sementara di daerah "tidak enak" jarang ditemui tenaga medis.

Dokter Stephanie, salah seorang peserta Pencerah Nusantara saat menceritakan pengalaman tugas selama setahun, mengatakan budaya serta pengetahuan masyarakat di pedalaman mengenai kesehatan memang sangat minim.

"Mereka justru lebih banyak menggunakan jasa dukun saat persalinan dibanding tenaga medis," katanya.

Dikatakan, faktor geografis yang sulit dan sarana transportasi sulit merupakan salah satu kendala lain yang menyebabkan masyarakat di pedalaman tidak pernah menggunakan jasa tenaga medis untuk memeriksakan kesehatan.

"Saya pikir perlu upaya pemerintah pusat dan daerah mensosialisasikan kesehatan kepada masyarakat di pedalaman," tuturnya.
(A025/C004)

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013