Jakarta (ANTARA) - Anak perusahaan Pelindo Terminal Petikemas, IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) menyiapkan 10 bus untuk memberangkatkan 500 pemudik dari Jakarta menuju Semarang pada 4 April 2024 melalui program Mudik Gratis Bersama BUMN Pelindo 2024.

Direktur Utama IPC TPK Guna Mulyana dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin, mengatakan ke-10 bus yang tersedia nantinya juga mengantarkan kembali pemudik dari Semarang ke Jakarta pada 16 April 2024.
 
“Kami mempersiapkan armada bus berstandar pariwisata untuk memberangkatkan total 500 pemudik gratis untuk tujuan Jakarta ke Semarang dan arus balik Semarang ke Jakarta," kata dia.
 
Mulyana menjelaskan, keterlibatan pihaknya pada program ini merupakan bentuk dukungan pada program holding Pelindo dan program pemerintah dalam mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

Baca juga: Dishub DKI buka lagi pendaftaran mudik gratis dengan kuota 1.240 orang
 
Pendaftaran program Mudik Gratis Bersama BUMN Pelindo 2024 dibuka untuk umum secara daring pada 9 Maret 2024 dan tiket yang tersedia habis dalam waktu 20 menit. Peserta tidak hanya dari sekitar Pelabuhan Tanjung Priok, tetapi juga dari Bekasi, Cikarang dan Bogor.
 
"Kami berterima kasih atas antusiasme masyarakat dan berharap program Mudik Bersama BUMN Pelindo 2024 dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dari sisi ekonomi dan lingkungan," kata Mulyana.
 
Menurut dia, masyarakat antusias mengikuti program yang rutin dilaksanakan setiap tahun pada penghujung bulan Ramadhan selama hampir 10 tahun terakhir tersebut.
 
Salah satu peserta Mudik Gratis Bersama BUMN Pelindo 2024, Triniani mengatakan dapat menghemat biaya perjalanan karena berpartisipasi dalam program.

Baca juga: Dishub DKI pastikan pengemudi bus mudik gratis paham rute
 
“InshaAllah saya berangkat sekeluarga. Menghemat biaya perjalanan. Jadi, yang tadinya untuk ongkos bisa untuk keperluan yang lain. Tidak capek juga di jalan. Karena peminatnya banyak jadi bisa dapat, rasanya senang," kata dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024