Jakarta (ANTARA) - Bologna mengamankan kemenangan telak 3-0 atas Salernitana pada pertandingan pekan ke-30 Liga Italia di Stadion Renato Dell'ara, Bologna, Senin.

Pada pertandingan ini kemenangan Bologna hadir berkat gol-gol yang dicetak Riccardo Orsolini, Alexis Saelemaekers dan Babis Lykogiannis, demikian catatan Serie A.

Kemenangan ini mengokohkan posisi Bologna di peringkat empat klasemen sementara Liga Italia dengan 57 poin dari 30 laga, hanya berjarak dua poin dari Juventus yang menempati peringkat ketiga.

Sementara itu Salernitana semakin terbenam di dasar klasemen sementara Liga Italia dengan 14 poin, berjarak 11 poin dari zona aman.

Secara statistik Bologna mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 70 persen penguasaan bola serta melepaskan total 15 tendangan yang tiga di antaranya tepat sasaran.

Skuad asuhan Thiago Motta langsung mengambil inisiatif menyerang pada pertandingan ini lewat upaya Riccardo Orsolini, namun tendangannya masih belum menemui sasaran.

Baca juga: Rafael Leao tampil gemilang saat Milan menang 2-1 atas Fiorentina

Bologna akhirnya mampu mencuri keunggulan terlebih pada menit 14 lewat tendangan dari luar kotak penalti Orsolini yang mengoyak jala gawang Salernitana sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Salernitana memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan lewat tendangan penyerang Simy, namun masih dapat diamankan kiper Bologna Federico Ravaglia.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Bologna dapat menggandakan keunggulan menjadi 2-0 setelah tendangan dari luar kotak penalti Alexis Saelemaekers pada menit 44. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Bologna kembali mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, namun upaya kerap dipatahkan lini pertahanan Salernitana.

Bologna sukses kembali menciptakan peluang lewat tendangan Dan Ndoye setelah berdiri di posisi bebas, namun bola masih melenceng dari gawang.

Pada waktu tambahan babak kedua, Bologna dapat menambah keunggulan menjadi 3-0 tendangan kaki kanan Babis Lykogiannis membobol gawang Salernitana. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan selesai.

Selanjutnya Bologna akan bertandang ke markas Frosinone pada pekan ke-31 Liga Italia, Minggu (7/4), sementara Salernitana menjamu Sassuolo, sehari sebelumnya.

Baca juga: Lazio tumbangkan Juventus berkat gol tunggal Adam Marusic
Baca juga: Atalanta amankan kemenangan telak 3-0 di kandang Napoli
Baca juga: Klasemen Serie A: AC Milan tinggalkan Juventus

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024