standard bus satu unit kurang lebih Rp2 miliar
Jakarta (ANTARA) - Unit usaha PT Bluebird Tbk, Cititrans meluncurkan layanan bus antar kota antar provinsi (AKAP) Cititrans Busline dengan rute Jakarta-Malang, Bandung-Malang, Jakarta-Yogyakarta dan Bandung-Yogyakarta.
 
Direktur Utama Cititrans Andrew Arristianto mengungkapkan, pada fase awal pihaknya mengoperasikan sebanyak 10 armada bus.
 
"Hingga pertengahan tahun ini 10 (armada) dulu," ujarnya dalam sesi jumpa pers yang digelar di Jakarta, Senin.
 
Armada yang menggunakan Jetbus 5 Super High Deck dengan kapasitas penumpang 20 orang ini dibanderol mulai dari Rp375.000 dengan dua pilihan kelas yakni suites dan super executive. Kelas suites memiliki desain tempat duduk privat yang terinspirasi dari kursi pesawat kelas bisnis. Sementara kelas super executive dilengkapi tempat duduk dengan ruang kaki luas.

Harga tersebut menurutnya, bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung dari sisi faktor ketersediaan armada dan permintaan masyarakat (supply and demand).
 
Andrew melanjutkan, armada dengan komponen TKDN lebih dari 50 persen ini memiliki nilai investasi Rp2 miliar per unit.
 
"Ya standard bus satu unit kurang lebih Rp2 miliar ya," jelasnya.
 
Dirinya juga mengakui armada ini mampu mengangkut motor dengan kapasitas maksimal 250 cc.
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Bluebird Tbk Adrianto Djokosoetono mengatakan, kehadiran Cititrans Busline merupakan level baru standar nyaman Indonesia (SNI) yang mendukung mobilitas antar kota antar provinsi.

"Cititrans Busline adalah level baru dari SNI (Standar Nyaman Indonesia) untuk mobilitas antarkota antarprovinsi," pungkasnya.

Baca juga: Petugas Terminal Pulogebang temukan tiga bus AKAP tidak laik jalan
Baca juga: Subholding Gas: Kendaraan umum dapat benefit paling besar dari BBG
Baca juga: Presiden Jokowi luncurkan transportasi publik ramah lingkungan di IKN

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024