Jakarta (ANTARA) - Produsen pakaian olahraga Erspo menyatakan siap berkolaborasi dengan berbagai pihak dan pemangku kepentingan, untuk menghadirkan desain inovatif yang sesuai dengan identitas visual pada jersei tim nasional Indonesia.

Erspo merupakan jenama lokal yang mensuplai apparel untuk tim nasional Indonesia sejak Maret 2024. Mereka menggantikan Mills yang telah bekerja sama dengan PSSI sejak 2020 silam.

Pada peluncuran jersei timnas Indonesia pada 18 Maret silam, opini publik terbelah. Sebagian pihak memuji desain jersei timnas yang baru, sedangkan sebagian besar pihak melontarkan kritik.

Drama seputar jersei timnas kemudian mencapai puncaknya setelah beberapa tokoh sepak bola papan atas tanah air, seperti Justinus Lhaksana turut melontarkan kritik di platform-nya masing-masing. Erspo lantas menanggapi berbagai kritik itu dengan berjanji untuk bekerja sama dengan berbagai pihak dan mengeluarkan desain anyar pada pertengahan 2024.

Baca juga: Timnas Indonesia rilis baju latihan, duo Sayuri jadi model

“Kami menyampaikan terima kasih atas seluruh kritik dan masukan yang diberikan, khususnya dari para penggemar sepak bola di tanah air. Karena itu, untuk desain berikutnya yang rencananya akan mulai diluncurkan pada pertengahan tahun ini, Erspo siap menjalin kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan sepak bola agar apparel resmi timnas Indonesia semakin baik dan terus menjadi kebanggaan kita semua,” kata CEO sekaligus pendiri Erspo Muhammad Sadad, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

Dalam pernyataannya, Sadad juga mengungkapkan bahwa selain menjadi penyedia jersei timnas Indonesia, kerja sama dengan PSSI juga menghadirkan kemitraan dengan nilai total Rp 16,5 milyar, yang mencakup pendanaan sebesar Rp 5 milyar dalam bentuk sponsorship dan royalty.

“Komitmen ini merupakan bentuk dukungan Erspo dalam membangun ekosistem industri sepak bola tanah air yang semakin kuat dan kompetitif. Kami berharap kerja sama PSSI dan Erspo ini akan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan timnas Indonesia,” pungkas Sadad

Di luar masalah desain dan drama yang menyelimutinya, jersei produksi Erspo memulai kiprahnya di timnas dengan cukup baik.

Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam pada pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada debut jersei itu 21 Maret silam, kemudian mematahkan kutukan 20 tidak pernah menang di Vietnam saat menang 3-0 atas tuan rumah Vietnam pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 26 Maret lalu.

Baca juga: Erspo rilis jersei baru timnas Indonesia, terinspirasi era kejayaan 1981
Baca juga: Jersei timnas Indonesia tuai pujian meski awalnya sempat dikritik
Baca juga: PSSI ikat kerja sama baru dengan Erspo untuk apparel tim nasional


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024