Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono siap mengecek proyek pembangunan polder di wilayah Jalan TB Simatupang dan Tanjung Barat yang menyebabkan kemacetan di sekitar jalan tersebut.
 
"Saya minggu ini mau mengecek ke Kelapa Gading, kemudian ke Tanjung Barat, saya mau ngecek juga," kata Heru di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa.
 
Heru menyebutkan, pengecekan tersebut mengingat banyaknya keluhan dari pengendara yang melintas ke daerah tersebut dan proyek ini menyebabkan kemacetan. "Iya nanti akan saya cek, saya lihat," kata Heru Budi.
 
Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mempercepat pembangunan polder atau kolam retensi di dua lokasi yakni kawasan Gandaria City dan Tanjung Barat.

Baca juga: Tina Toon desak DKI perbarui fitur pantau banjir di aplikasi JAKI
Baca juga: Legislator minta Pemprov DKI perbaiki turap sodetan Kali Semongol
 
Pembangunan infrastruktur pengendali banjir ini diharapkan secara signifikan dapat mengurangi genangan yang disebabkan hujan deras. Progres pembangunan polder di dua lokasi tersebut saat ini sudah mencapai 90 persen.
 
Ketua Sub Kelompok Pengendalian Banjir Dinas SDA DKI Jakarta, Ericson Indra Pulungan merinci lokasi pekerjaan di Kawasan Gandaria berada di Jalan Arteri Pondok Indah. Sedangkan Kawasan Tanjung Barat mencakup Jalan Lenteng Agung Raya, Jalan Nangka Raya dan Jalan TB Simatupang.
 
Selain itu, polder Kawasan Gandaria City saat ini terus dilakukan pembangunan penampungan di Jalan Akses Mal Gandaria City sepanjang 120 meter.
 
"Selain itu dilakukan perbaikan percabangan saluran di depan Prodia Jalan Arteri Pondok Indah," ujar Ericson, Senin (4/3).

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024