Saat ini kondisi jalan sudah 99 persen aman untuk dilalui, baik jalan nasional maupun jalan provinsi
Tangerang (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang, Banten memastikan 39 ruas jalan yang menjadi akses jalur mudik dalam kondisi baik untuk dilalui kendaraan.

"Saat ini kondisi jalan sudah 99 persen aman untuk dilalui, baik jalan nasional maupun jalan provinsi," kata Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta Ireng Wicaksono di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan Kota Tangerang memiliki 251 ruas jalan dan 255 kilometer ini sudah siap untuk dilewati pada arus mudik Lebaran tahun 2024. Kondisi jalan saat ini sudah 99 persen mantap.

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat khususnya untuk jalan-jalan yang menjadi perlintasan atau jalur mudik di arah timur ke arah barat yaitu Jalan Daan Mogot, Jalan Merdeka, dan Jalan Gatot Subroto.

Baca juga: Pemkab Karawang lakukan perbaikan jalan dan lampu PJU di jalur mudik
Baca juga: Menteri PUPR: Kemantapan jalan nasional 94,2 persen bagi mudik Lebaran


Kemudian lintasan arah selatan ke utara melalui Jalan MH. Thamrin, Jalan Jend. Sudirman, dan Jalan M. Toha.

Ia menjelaskan  tim operasional jalan PUPR pun akan selalu siaga hingga arus balik untuk melakukan  patroli mencari dan menambal jalan-jalan yang berlubang.

Tak hanya itu, tim operasional drainase dan sumber daya air juga akan disiagakan untuk antisipasi terjadinya banjir.

“Tim akan terus berjalan karena jalan terus digunakan dan dinamis. Jadi, tim akan selalu siaga untuk melakukan perbaikan jalan. Tim ada tersebar di 13 kecamatan dengan 30 personel akan siaga di H-3 hingga H+3 lebaran,” katanya.

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan mematuhi lalu lintas selama menjalankan mudik Lebaran tahun 2024, dan masyarakat diharapkan untuk berpartisipasi melaporkan keluhan atau adanya temuan jalan yang berlubang melalui aplikasi Tangerang LIVE dengan fitur LAKSA.

“Kami berharap masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas karena masih ada beberapa titik yang masih dalam pembangunan salah satunya Fly Over Cibodas oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Baca juga: Pemerintah berikan diskon tarif tol 20 persen saat arus mudik & balik
Baca juga: Pemprov Jabar yakin jalan provinsi mulus tanpa lubang pada H-5 lebaran

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024