Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menyiagakan pos kesehatan di jalur mudik hingga pusat perbelanjaan yang tinggi mobilitas sepanjang libur 
Lebaran.

"Pos Kesehatan tidak hanya disiagakan dalam jalur mudik, tapi dinkes juga mendirikan di pusat perbelanjaan yang tinggi mobilitas sepanjang libur Lebaran. Pos Kesehatan disiagakan sekitar empat petugas, yang terdiri dari dokter hingga perawat," kata Kepala Dinas Kesehatan, Kota Tangerang, dr Dini Anggareni di Tangerang Rabu.

Kadinkes menuturkan di pos kesehatan akan menyediakan tenaga kesehatan yang bertugas untuk memberikan pemeriksaan kepada pemudik secara gratis. Pemeriksaan kesehatan yang akan disediakan adalah pemeriksaan tekanan darah dan lain-lain yang bersifat umum.

Namun, jika diperlukan penanganan lebih lanjut, pemudik dapat dirujuk ke rumah sakit terdekat, dinkes juga menyiagakan sejumlah ambulance jika dibutuhkan dalam proses penanganan lebih lanjut.

Baca juga: PMI Kota Tangerang siapkan enam pos kesehatan mudik Lebaran

Baca juga: GT Cikupa Tangerang terpantau ramai lancar dari kendaraan mudik


"Dengan adanya Pos Kesehatan ini, diharapkan pemudik dapat melakukan perjalanan dengan lebih aman dan sehat selama mudik Lebaran," ujarnya.

Sementara itu untuk di jalur mudik, ada delapan posko yang telah disiagakan tenaga medis dan bergabung bersama instansi lainnya dalam memberikan pelayanan.

Delapan titik pos kesehatan, yakni diantaranya di Pos Perempatan Gajah Tunggal Jatiuwung, Pos Tangcity Mal, Pos Terminal Poris Plawad, Pos Batuceper, Pos Cipondoh, Pos CBD, Pos Rest Area Km 13, dan Pos Rest Area Km 14.

Ia pun mengimbau, baik masyarakat Kota Tangerang maupun seluruh pemudik untuk tetap memakai masker untuk menjaga protokol kesehatan.

"Selain itu, selalu terapkan pola hidup bersih dan sehat diberbagai aktivitas. Banyak minum dan kebutuhan asupan makanan serta vitamin untuk tetap dipenuhi," imbaunya.

Baca juga: Polresta Tangerang tambah rambu untuk kelancaran mudik Lebaran

Baca juga: Dishub -Polres Tangerang pasang rambu petunjuk di 19 titik jalur mudik


 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023