Jakarta (ANTARA) - Peraih gelar MVP NBA 2023 Joel Embiid kembali bermain untuk timnya setelah cedera panjang dan langsung membawa Philadelphia 76ers mengalahkan tim peringkat satu Wilayah Barat Oklahoma City Thunder 109-105 dalam laga di Wells Fargo Center Philadelphia, Rabu WIB.

Embiid membuat Philadelphia unggul lewat empat free throw dalam 40 detik terakhir dan menyelesaikan dengan laga dengan mencetak 24 poin usai absen selama sembilan minggu untuk pemulihan pascaoperasi lutut.

Embiid menambahkan 7 assist dan 6 rebound dalam permainannya yang hampir 30 menit.

Kembalinya Embiid membawa keyakinan bahwa Sixers dapat menyelamatkan musim mereka dan menjalani kompetisi pascamusim dengan peraig gelar MVP musim lalu dalam skuad.

“Dia mengubah permainan secara signifikan,” kata pelatih Oklahoma City Thunder Mark Daigneault.

“Mereka bermain dengan gaya yang sangat berbeda ketika dia (Embiid) bermain, dibandingkan dalam 30 pertandingan terakhir ketika tanpanya. Ketika dia bermain, tentu saja mengubah pendekatan mereka," kata Daigneault.

Baca juga: Juara dua kali Rajon Rondo mengumumkan pensiun dari NBA

Embiid mengalami cedera pada 30 Januari saat melawan Golden State Warriors. Dia menjalani operasi meniskus di lutut kirinya seminggu kemudian, dan Sixers terpuruk di klasemen Wilayah Timur tanpa bintangnya.

Sixers yang pada musim lalu finis di peringkat tiga musim reguler, kini tersungkur di urutan kedelapan klasemen sementara NBA Wilayah Timur. Mereka berada di zona play-in atau babak kualifikasi sebelum babak play-off. Tertinggal dua laga dari Indiana Pacers yang berada di zona akhir play-off di urutan keenam Wilayah Timur.

Dengan Embiid yang bugar, 76ers setidaknya memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan satu atau dua seri di babak playoff.

Skor Kelly Oubre Jr. lebih banyak satu angka dari Embiid, yaitu mencetak 25 poin untuk 76ers. Tobias Harris menambahkan 18 poin, Paul reed 12, dan Cameron Payne double-double dengan 10 poin dan 10 rebound.

Sementara Chet Holmgren mencetak 22 poin untuk memimpin Thunder, yang bersaing ketat dengan Minnesota Timberwolves dan Denver Nuggets dalam perebutan posisi teratas di Wilayah Barat. Thunder, Timberwolves, dan Thunder masing-masing berada di urutan kesatu, kedua, dan ketiga Wilayah Barat dengan catatan yang sama, yakni 52 menang dan 23 kalah.

Thunder yang bermain tanpa bintangnya Shai Gilgeous-Alexander dalam tiga laga terakhir, dibantu oleh Luguentz Dort dan Aaron Wiggins yang sama-sama mencetak 15 poin, Isaiah Joe 14 poin, dan Josh Giddey 10 poin.

Selanjutnya, Thunder akan menghadapi ujian terberat dengan menghadapi tim terbaik NBA 2024 yakni Boston Celtics besok, dan 76ers melawan Miami Heat pada Jumat (5/4).



Baca juga: Jayson Tatum pimpin Celtics hempaskan Hornets 118-104

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024