Jakarta (ANTARA) - Peraih gelar MVP dua kali Nikola Jokic mencetak 42 poin untuk membawa Denver Nuggets mengalahkan San Antonio Spurs 110-105 dalam laga di Ball Arena Denver Colorado, Rabu WIB, sekaligus menjadikan timnya memuncaki klasemen sementara Wilayah Barat.

Performa Jokic yang juga mencatat 16 rebound dan 6 assist, untuk menandingi penampilan luar biasa pemain pemula Spurs Victor Wembanyama yang mencetak 23 poin, 15 rebound, dan 8 assist.

Wembanyama yang menjadi pemain dengan rata-rata 3,4 blok per gim, atau tertinggi di NBA musim ini, membuat 9 blok untuk menahan tembakan dari Nuggets pada pertandingan ini.

"Dia melakukan sekitar 600 blok, tapi kami menang,” kata Jokic berkelakar tentang betapa banyaknya blok yang dibuat oleh Wembanyama, seperti dikutip dari laman resmi NBA.

Wembanyama yang memiliki tinggi 2,24 meter memang sangat mudah melakukan blok, rebound, ataupun upaya menembak. Oleh karena itu Jokic melawannya dengan cara yang berbeda.


Baca juga: Embiid kembali, 76ers langsung kalahkan tim pemuncak Wilayah Barat

Jokic yang terkenal sebagai pemain NBA yang sangat enggan melakukan dunk, harus melakukan dunk untuk tiga keranjang dari seluruh poinnnya dalam menghadapi Wembanyama.

Aaron Gordon menambahkan 23 poin untuk Nuggets, dan Michael Porter Jr. mencatat 15 poin serta 16 rebound.

Dari Spurs, Malaki Baranham mencetak 24 poin, Julian Champagnie 11 poin, serta Tre Jones mencatat triple double dengan 10 poin, 12 reboun, dan 11 assist.

Kemenangan Nuggets atas Spurs ini sekaligus mengokohkan mereka di puncak klasemen NBA Wilayah Barat secara mutlak dengan catatan 53 menang dan 23 kalah (53-23), melepas catatan yang sama sebelumnya dengan Minnesota Timberwolves dan Oklahoma City Thunder dengan rekor 52-23.

Namun posisi Nuggets di puncak klasemen dengan selisih setengah laga itu masih belum aman untuk memastikan tempat unggulan urutan pertama di babak play-off nanti, lantaran sang juara bertahan masih memiliki enam laga tersisa di musim reguler.

Perebutan peringkat pertama di klasemen akhir musim reguler menjadi penting karena memberikan keuntungan memainkan laga kandang lebih banyak di babak play-off mendatang.

Selanjutnya, Nuggets akan melawan Los Angeles Clippers pada Jumat (5/4), dan Spurs melawan New Orleans Pelicans pada Sabtu (6/4).


Baca juga: Jayson Tatum pimpin Celtics hempaskan Hornets 118-104

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024