Penerbangan ekstra semuanya pagi sampai sore, jadi tidak ada yang sampai malam. Tapi kalau untuk kondisi darurat kita standby 24 jam jika ada pesawat yang mendarat darurat ke Batam
Batam (ANTARA) - Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri) melayani 37 penerbangan ekstra untuk mudik Lebaran 2024.

Direktur Operasi PT Bandara Internasional Batam (BIB) Nugroho Jati di Batam, Rabu mengatakan untuk puncak arus mudik diperkirakan pada 6 April 2024 yang mencapai 17.000 penumpang per hari.

"Dan untuk arus balik diperkirakan 16 April dengan prediksi 16.000 penumpang. Pada momen mudik lebaran tahun diperkirakan mengalami kenaikan hingga 10 persen dari tahun lalu," kata Nugroho.

Adapun 37 penerbangan ekstra itu didominasi dengan tujuan Batam-Jakarta, Batam-Medan, Batam-Pekanbaru, dan sebaliknya.

"Maskapai yang melayani untuk penerbangan tambahan ada Citilink, Super Air Jet dan Lion Air," ujar dia.

Nugroho mengatakan, Bandara Hang Nadim Batam tetap siaga 24 jam untuk mengantisipasi dan melayani jika ada pendaratan darurat, baik penerbangan domestik dan internasional.

"Penerbangan ekstra semuanya pagi sampai sore, jadi tidak ada yang sampai malam. Tapi kalau untuk kondisi darurat kita standby 24 jam jika ada pesawat yang mendarat darurat ke Batam," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga tengah bersiap untuk mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan,untuk menghadapi lonjakan penumpang saat mudik Lebaran 2024 di Bandara Hang Nadim.

"Kami siagakan posko terpadu untuk mudik lebaran tahun ini, dengan melibatkan 400 personel internal dari berbagai intansi terkait, seperti KKP, BMKG, PLN, aparat keamanan, hingga Basarnas," kata Nugroho.

Baca juga: Bandara Hang Nadim Batam lakukan operasional khusus saat masa lebaran
Baca juga: Hang Nadim Batam targetkan 200 ribu wisman melalui jalur udara

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024