Tahun ini diprediksi peningkatan penumpang angkutan lebaran mencapai 10 persen
Batam (ANTARA) - Pengelola Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim mendirikan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024 demi memastikan kelancaran arus mudik maupun balik Idul Fitri 1445 Hijriah, dengan mengusung tema "Mudik Ceria Penuh Makna".

Direktur Operasi PT Bandara Internasional Batam (BIB) Nugroho Jati di Batam, Rabu, mengatakan layanan yang diberikan di posko terpadu yaitu pusat informasi, penanganan layanan, keamanan hingga layanan kesehatan.

"Kami memakai konsep posko terpadu, ada posko keamanan, pelayanan dan kesehatan yang kita bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Pemkot Batam dalam hal ini puskesmas. Seluruh tim sudah siap untuk melayani masyarakat saat mudik," kata Nugroho usai melakukan apel posko mudik di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Ia menyampaikan terdapat 400 personel yang terlibat dalam posko terpadu, dengan 30 personel yang bersiaga setiap hari di dalam posko tersebut.

"Yang ada di dalam posko ada 30 personel secara bergantian," kata dia.

Nugroho menyebutkan arus penumpang kali ini diprediksi akan mengalami kenaikan sebesar 10 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Hang Nadim Batam layani 37 penerbangan ekstra untuk mudik Lebaran

Baca juga: Pelayaran langsung Batam-China resmi diluncurkan, hemat biaya logistik


"Tahun ini diprediksi peningkatan penumpang angkutan lebaran mencapai 10 persen. Dan secara jumlah sudah 95 persen kondisi trafik pesawat penumpang sama dengan tahun 2019 sebelum COVID-19," ujar dia.

Dengan adanya kenaikan jumlah penumpang tersebut, kata dia, menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam posko untuk tetap menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan dalam musim mudik Lebaran 2024 ini.

Baca juga: 186.679 wajib pajak di Kepri sampaikan SPT Tahunan PPh

Baca juga: Bandara Hang Nadim Batam lakukan operasional khusus saat masa lebaran

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024