Jakarta (ANTARA) - Festival Film Bulanan (Fesbul) mengumumkan telah membuka seleksi film Fesbul lokus 3 yang secara khusus dibuka bagi para sineas dari wilayah DKI Jakarta dan Jawa Timur mulai tanggal 2 hingga 12 April 2024.

“Kami sangat bersemangat menyambut para sineas untuk berpartisipasi dalam seleksi film Fesbul Lokus 3. Ini adalah kesempatan emas untuk menghadirkan karya-karya berkualitas dan menjadi bagian dari panggung sinema lokal yang sedang berkembang,” kata Festival Director Festival Film Bulanan Etienne Caesar dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu. 

Etienne menuturkan pembukaan seleksi film tersebut diharapkan dapat menjadi sebuah wadah bagi sineas-sineas berbakat untuk memamerkan karya-karya terbaik dan kreatif mereka.

Baca juga: Fesbul umumkan dua film terbaik unggulan dari Jawa Barat

Nantinya, sistem seleksi film diadakan dengan sistem zonasi yang bertujuan memberikan peluang yang setara bagi para peserta untuk menampilkan potensi kreatif sineas.

Selain ditujukan untuk memberikan ruang kepada para sineas lokal untuk memamerkan karya-karya mereka, cara ini juga diharapkan untuk mendorong pertumbuhan dan kemajuan dalam industri film Indonesia.

“Seleksi film Fesbul juga bertujuan untuk memperluas cakupan dan diversifikasi dalam hal genre film yang dihadirkan. Hal ini diharapkan akan memperkaya pengalaman penonton dan menyediakan ruang untuk eksplorasi ide-ide baru yang mungkin belum banyak diperhatikan dalam perfilman Indonesia, khususnya di ranah film pendek,” katanya.

Baca juga: Fesbul diharapkan dapat membimbing pembuat film ke ranah komersial

Melalui lokus sebelumnya, ia menjelaskan pihak penyelenggara telah berhasil mengumpulkan 78 submisi film dengan beragam genre yang menunjukkan antusiasme besar dari para sineas lokal.

Dengan ketentuan bagi kategori film pendek, genre yang dicari meliputi fiksi, dokumenter, animasi, dan eksperimental. Durasi film yang diterima adalah 10 hingga 15 menit.

Film yang didaftarkan harus diproduksi setelah Juni 2023 untuk memastikan kebaruan dan relevansi karya yang diajukan.

Baca juga: Menparekraf: Industri film berpotensi sumbang pertumbuhan ekonomi

“Syarat-syarat ini dibuat menyesuaikan dengan kebutuhan distribusi untuk festival film internasional,” katanya.

Menurutnya, dua film terbaik dari setiap Lokus akan dinominasikan untuk Penganugerahan Festival Film Bulanan 2024 dan juga akan mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pasar film festival internasional di tahun 2025.

Bagi masyarakat yang berminat untuk mendaftar dapat mengunjungi situs resmi Festival Film Bulanan yakni www.fesbul.com atau akun Instagram @fesbul.id.

Baca juga: Kemenparekraf dukung film daerah lewat Festival Film Bulanan

Baca juga: Festival Bulanan beri ruang sineas berkontribusi bagi ekonomi kreatif


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024