Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Lereng Timur, pegunungan, Pantai Barat, dan Lereng Barat Sumut...
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di kawasan pegunungan Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Lereng Timur, pegunungan, Pantai Barat, dan Lereng Barat Sumut yang dapat menyebabkan banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza, di Medan, Rabu.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG terbitkan 15 daerah bertatus waspada dampak cuaca ekstrem

Pada siang dan sore hari, kata dia, berpotensi hujan ringan hingga lebat di provinsi itu. Hujan lebat berpotensi terjadi di Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Samosir, Tapanuli Tengah, dan sekitarnya.

Sementara pada malam hari, lanjutnya, berpotensi hujan ringan hingga lebat. Hujan lebat berpotensi terjadi di Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Sibolga dan sekitarnya.

Sementara suhu udara mencapai 16–34 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60–95 persen dan angin berhembus dari timur laut - timur berkecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG: Waspada cuaca ekstrem di NTT hingga 10 April

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024