Pemberlakuan sistem satu arah mulai 5 April 2024 pukul 14.00 WIB.
Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, menyiagakan anggota tim urai  di 11 pos strong point untuk mengurai kepadatan arus mudik Lebaran 2024 agar dapat memberikan kenyamanan pemudik berkendara.

Kepala Kepolisian Resor Batang AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo di Batang, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya siap menerjunkan 320 personel dibantu Komando Distrik Militer (Kodim) 0736/Batang dan sukarelawan untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2024.

"Hal itu sebagai langkah antisipasi apabila ada kerawanan kepadatan arus mudik Lebaran," katanya.

AKBP Nur Cahyo mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan empat pos utama dalam persiapan pelaksanaan pengamanan Lebaran 2024, yaitu pos sinergitas, pos pengamanan, pos terpadu, serta 11 pos strong point.

Di masing-masing pos tersebut, kata dia, disiagakan personel untuk mengurai apabila terjadi kepadatan, baik di jalur pantura maupun Tol Batang-Semarang.

Bagi pemudik yang melintasi jalur tol, kata Kapolres, tetap dibantu agar pemudik kendaraan merasa nyaman karena telah disiapkan pos pelayanan di rest area 379-A dan 360-B.

Untuk mengantisipasi penumpukan pemudik berkendara di rest area, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola untuk menerapkan empat simulasi.

"Jika kondisi di rest area landai, tetap normal. Akan tetapi, bila kepadatan menunjukkan 50 persen, ada pola pengaturan di dalam. Selain itu, dapat pula diterapkan sistem buka tutup agar tidak terjadi penumpukan di pintu masuk rest area," katanya.

Kapolres menambahkan bahwa pihaknya akan memberlakukan sistem satu arah mulai 5 April 2024 pukul 14.00 WIB sambil menunggu arahan dari pusat.

Baca juga: Ratusan motor pemudik diberangkatkan dari Terminal Pulogadung 
Baca juga: Polres Indramayu petakan tujuh titik rawan macet saat mudik Lebaran

Pewarta: Kutnadi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024