Sungailiat (ANTARA) -


Kepolisian Resor (Polres) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menanam 1.000 bibit pohon mangrove di pesisir Kampung Nelayan II Sungailiat guna menjaga lingkungan dari ancaman abrasi.

Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya, di Sungailiat, Jumat, mengatakan 1.000 bibit pohon mangrove yang ditanam di area seluas satu hektare itu bermanfaat mencegah terjadinya abrasi.

Baca juga: Polres Kupang hijaukan pantai wisata Sulamanda dengan 1.000 mangrove

Penanaman bibit pohon mangrove dilakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Humas Polri.

Menurut dia, perubahan iklim juga menjadi alasan bagi Polri melakukan gerakan menanam 1.000 bibit pohon mangrove.

"Saya minta bibit pohon mangrove yang ditanam hari ini benar-benar dijaga agar memberikan manfaat lingkungan yang lestari bagi masyarakat pesisir," kata dia.

Baca juga: Polres Bangka Tengah tanam 1.000 bibit magrove di Pantai Penyak

Kapolres mengatakan gerakan menanam pohon diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan karena akan menyelamatkan generasi akan datang.

Lingkungan yang terjaga kelestariannya dengan tanam tumbuh, kata dia, udara menjadi lebih segar, pohon dapat mengikat dan menahan debit air. Pada saat hujan turun, akar pohon berperan penting untuk menyerap air hujan sehingga air hujan tidak mengalir secara sia-sia.

Baca juga: Polres Kolaka bersama Forkopimda tanam 1.000 mangrove di Tahoa

"Fungsi dari pohon juga sebagai tempat cadangan air pada musim kemarau, sehingga ketersediaan air tanah secara berkesinambungan tetap terjaga," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023