"Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi juga harus dipastikan kendaraan dalam kondisi aman, kondisi ban bagus, perhatikan rem tetap aman dan saling menghormati pengguna kendaraan yang lain di jalan raya,"
Sungailiat (ANTARA) - Sebanyak 245 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan kegiatan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah di Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kapolres Bangka AKBP Taufik Noor Isya dalam keterangan pers, Rabu mengatakan 245 personel gabungan terdiri dari 85 personel polisi, dan 160 personel TNI dan petugas dari instansi pemerintah daerah setempat.

Tim gabungan menjalankan tugas pengamanan wilayah untuk menciptakan situasi aman dan kondusif dijadwalkan mulai dari 18 April 2023 sampai 1 Mei 2023 mendatang.

Pengamanan wilayah sekaligus pengaturan arus mudik pada perayaan lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah atau Operasi Ketupat 2023 disiapkan tujuh pos pengamanan.

Pos pengamanan terdiri dari empat pos yang ditempatkan di Simpang Jurung, Puding Besar, Pantai Matras dan Pantai Tikus emas, sedangkan satu pos pelayanan ditempatkan di pasar Higienis Sungailiat, serta dua pos terpadu yang ditempatkan di kawasan Balai FKPM Sungailiat dan pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu.

Diharapkan selama Operasi Ketupat 2023 dapat terbangun bekerja sama, diantara seluru petugas di lapangan baik dari TNI, Polri dan petugas dari instansi pemerintah daerah, begitu halnya dengan partisipasi masyarakat untuk mendukung suksesnya kegiatan mudik ini.

Masyarakat yang hendak mudik, dipastikan kondisi rumah yang ditinggalkan tetap aman seperti tidak ada sambungan gas, listrik yang aman termasuk dipastikan rumah terkunci.

"Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi juga harus dipastikan kendaraan dalam kondisi aman, kondisi ban bagus, perhatikan rem tetap aman dan saling menghormati pengguna kendaraan yang lain di jalan raya," kata Kapolres.

 

Pewarta: Kasmono
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023