Penguatan rantai pasok menjadi salah satu fokus dalam penyediaan energi yang dilakukan oleh perusahaan. Meski demikian, komitmen dan tanggung jawab pada sektor lingkungan juga terus diperkuat meliputi seluruh lini bisnis.
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan afiliasi PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI), PT Banyan Koalindo Lestari meraih predikat Proper Biru untuk komitmennya pada praktik bisnis ramah lingkungan.

Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Biru tingkat nasional ini diperoleh dari penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) tahun 2022/2023.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara di Jakarta, Rabu, mengungkapkan, dalam menyediakan energi primer bagi kebutuhan pembangkit PLN Group, PLN EPI senantiasa mendorong praktik bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

"Penguatan rantai pasok menjadi salah satu fokus dalam penyediaan energi yang dilakukan oleh perusahaan. Meski demikian, komitmen dan tanggung jawab pada sektor lingkungan juga terus diperkuat meliputi seluruh lini bisnis," kata Iwan.

Baca juga: PLN EPI siap kolaborasi dengan mitra gas global capai transisi energi

PT Banyan Koalindo Lestari (BKL) sebagai perusahaan afiliasi dari PLN EPI Group, bergerak pada pertambangan batu bara di wilayah kerja Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan.

Sementara itu, PJ Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni mengatakan, penghargaan bagi perusahaan di Sumatera Selatan yang meraih Proper merupakan bentuk ketaatan perusahaan dalam menjaga keberlangsungan pengelolaan lingkungan hidup.

Dari 203 perusahaan yang mengikuti penilaian, hanya 164 perusahaan yang mendapat penghargaan Proper, yang mana 8 perusahaan meraih peringkat emas, 14 peringkat hijau dan 142 peringkat biru.

Fatoni menegaskan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya untuk bersinergi dan bekerja sama dengan seluruh perusahaan yang ada di Sumatera Selatan, dengan harapan ke depan bisa memberikan layanan dan adanya kerja sama CSR untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat Sumatera Selatan.

Direktur Utama PT BKL Tarsis Tinggi mengatakan, penghargaan Proper yang diraih merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku.

"Penghargaan ini bukti nyata komitmen perusahaan yang tinggi dalam kebijakan mutu, kesehatan, keselamatan kerja, dan lingkungan hidup," ungkap Tarsis.

Baca juga: PLN EPI menyiapkan gasifikasi pembangkit klaster Sulawesi-Maluku

Tarsis menambahkan, perusahaan terus meningkatkan komitmen dalam menjaga lingkungan pertambangan. Pencapaian ini pun tidak lepas dari peran serta dan kerja sama dengan instansi pemerintah daerah setempat yang terus memberikan masukan agar tercapainya keselarasan bersama dalam pengelolaan lingkungan yang baik dan tepat guna.

"Penghargaan ini penting untuk PT BKL terlebih menjadi nilai tambah bagi perusahaan, baik dalam hubungan dengan publik, daya saing, dan peluang di pasar global," ujar Tarsis.

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024