Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono mengatakan jalan-jalan nasional di seluruh wilayah Indonesia siap dilalui oleh para pemudik Lebaran/Idul Fitri 1445 H.

Pernyataan tersebut disampaikan Basuki mengacu pada kegiatan eksodus setiap tahun ketika warga perkotaan pulang ke kampung halaman mereka untuk menghabiskan liburan Idul Ftiri bersama kerabat.

"Jalan nasional non-tol sepanjang 47.603 kilometer (km) sudah siap, dan hingga saat ini, 94,2 persen di antaranya dalam keadaan stabil," kata Basuki dalam rapat kerja dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Jakarta, Selasa (2/4).

Ia mengatakan jalan nasional yang rusak sudah diperbaiki, termasuk empat ruas jalan di Jawa Tengah yang rusak akibat banjir serta jalan penghubung Sukabumi dan Bogor, Jawa Barat, yang sempat ditutup akibat longsor.

Basuki juga memastikan bahwa fasilitas-fasilitas lainnya, seperti jembatan, sudah siap untuk dilalui para pemudik, sedangkan perbaikan jalan yang tersisa masih terus dilakukan.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan RI memproyeksikan sekitar 193,6 juta orang atau 71,7 persen dari total penduduk Indonesia akan melakukan perjalanan mudik Lebaran. Angka itu meningkat dibandingkan tahun lalu yang tercatat di angka sekitar 123,8 juta orang atau 45,8 persen penduduk. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024