Sampai hari ini saya masih menunggu manifesnya. Rupanya belum dapat info dari Kementerian Luar Negeri RI dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI),"
Semarang (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Sabtu malam masih menunggu manifes pesawat Garuda Indonesia yang membawa 483 tenaga kerja Indonesia yang dokumen keimigrasiannya melebihi batas waktu izin tinggal (overstayers) dari Arab Saudi.

"Sampai hari ini saya masih menunggu manifesnya. Rupanya belum dapat info dari Kementerian Luar Negeri RI dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI)," kata Ganjar Pranowo ketika dihubungi Antara di Semarang, Sabtu malam.

Sebelumnya, Antara menerima informasi dari Ketua PDI Perjuangan Korwil Arab Saudi Sharief Rachmat bahwa Gubernur Jateng akan ikut menyambut para TKI "overstayers" asal Jawa Tengah yang hari ini berangkat dari Arab Saudi.

"Barusan saya dapat kontak dari Jeddah. Ada masyarakat yang membantu para TKI overstayers yang membutuhkan bantuan berupa makanan dan obat-obatan. Namun, dia juga tidak bisa memberi info jadwal penerbangan dan identitas masyarakat, khusus warga Jateng," ucapnya.

Sebelumnya, berdasarkan informasi dari Sharief pada penerbangan pertama hari ini sebanyak 484 TKI "overstayers" (berita sebelumnya sekitar 500 orang) pulang ke Tanah Air pada pukul 12.00 waktu setempat dari Terminal Haji King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah menuju Jakarta dengan pesawat Garuda Airlines.

Sementara itu, Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat kepada Antara, Sabtu malam, menginformasikan bahwa pesawat Garuda Indonesia Boeing 747-400 GA-983 dalam beberapa jam akan segera mendarat di bandara Jeddah.

Dijadwalkan pada tanggal 10 November 2013 pukul 00.15 waktu Jeddah akan diberangkatkan sebanyak 484 WNI "overstayers" yang terdiri atas 404 perempuan dan 80 anak-anak serta bayi dan dijadwalkan akan mendarat di Jakarta pada pukul 13.55 WIB.

Saat informasi ini dibuat, kata Jumhur, Sabtu (9/11) pukul 16.30 waktu Jeddah (pukul 20.30 WIB) ke-484 WNI sedang diselesaikan seluruh dokumennya dan akan segera diberangkatkan ke bandara Jeddah yang berjarak 96 km dari Shumaisi.

"Mulai hari ini sejumlah WNI overstayers di Shumaisi juga mulai dipulangkan oleh otoritas Arab Saudi dengan pesawat reguler yang jumlahnya masih sangat terbatas," ucapnya.(*)

Pewarta: D.Dj. Kliwantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013