Denpasar (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Bali, bersama tim gabungan dari berbagai unsur terkait membentuk posko terpadu Lebaran 2024 di empat lokasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat selama pelaksanaan arus mudik dan arus balik.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan, di Denpasar, Rabu, mengatakan Pemkot Denpasar bersinergi bersama instansi terkait berkomitmen untuk memastikan kelancaran pelaksanaan mudik Lebaran 2024

"Hal ini utamanya memastikan keamanan, kenyamanan, kelancaran, serta keselamatan selama pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024," ujarnya.

Baca juga: Dishub Bali minta pemudik Lebaran pilih bus berstiker

Posko terpadu yang disiagakan tersebar di empat lokasi di Kota Denpasar, yakni Posko Terminal Ubung, Posko Uma Anyar, Posko Pelabuhan Serangan, dan Posko Pelabuhan Sanur.

Tim gabungan yang terlibat dalam posko terpadu di antaranya unsur TNI, Polri, Satpol PP, Organda, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan, dan instansi terkait lainnya.

"Pembukaan posko terpadu ini merupakan kegiatan rutin menjelang lebaran. Selain itu, kami juga melakukan pengecekan kendaraan dan pengecekan kesehatan bagi sopir bus untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pemudik," kata Sriawan.

Baca juga: Kapolda Bali minta personel humanis melayani pemudik Lebaran 2024

Pelaksanaan posko terpadu Lebaran 2024 dimulai sejak H-7 tanggal 3 April 2024 sampai dengan H+7 tanggal 18 April 2024 dengan tema "Mudik Ceria, Penuh Makna".

"Masyarakat yang hendak mudik dan membutuhkan informasi dapat menuju posko terpadu terdekat untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024," ucapnya.

Dia juga mengingatkan masyarakat dan operator angkutan agar mengecek kendaraan sehingga dipastikan layak jalan dan merencanakan perjalanan dengan baik dan selamat.

Baca juga: Polda Bali siagakan 2.005 personel amankan Lebaran 2024

"Tentu kami berharap dengan adanya sinergi lintas sektor ini dapat menjalin kerja sama yang baik antaranggota yang terlibat dalam pelaksanaan posko terpadu," ujar Sriawan.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024