Jakarta (ANTARA) - Fiorentina memukul tamunya Atalanta dengan skor 1-0, pada pertandingan leg pertama semifinal Piala Italia di Stadion Artemio Franchi, Florence, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Rolando Mandragora menjadi pahlawan kemenangan Fiorentina berkat gol semata wayangnya yang dibukukan pada menit ke-31. La Viola akan berstatus sebagai tim tamu pada pertandingan leg kedua di Bergamo, yang dimainkan 25 April mendatang, demikian catatan laman resmi Piala Italia.

Tuan rumah Fiorentina mengawali laga dengan agresif. Mereka memiliki tiga peluang dalam rentang waktu 23 menit dari satu tendangan sudut, dan dua tembakan yang masih dapat diredam para pemain bertahan lawan sebelum kiper Atalanta Marco Carnesecchi memblok tembakan Lucas Beltran dengan kakinya.

Carnesecchi kembali harus bekerja keras untuk menepis umpan silang Nico Gonzalez yang diteruskan sundulan Andrea Belotti, sedangkan Mandragora mampu menggagalkan peluang milik Teun Koopmeiners.

Fiorentina akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-31. Sepakan keras Mandragora dari luar kotak penalti melesak tajam ke sudut atas gawang Atalanta, tanpa dapat diantisipasi Carnesecchi. Skor 1-0 untuk Fiorentina bertahan sampai turun minum.

Baca juga: Rafael Leao tampil gemilang saat Milan menang 2-1 atas Fiorentina

Pada awal babak kedua, Atalanta tampil dengan sikap mental yang berbeda. Peluang bagus didapat Atalanta melalui sepakan voli bek Isak Hien yang dapat ditepis kiper Pietro Terraciano.

Carnesecchi mencegah gawangnya kemasukan lebih banyak untuk menepis sundulan Nico Gonzalez. Ia kemudian menggagalkan peluang Gonzalez dalam situasi satu lawan satu.

Mitchell Bakker melepaskan sepakan yang melintasi mulut gawang Fiorentina dari umpan Ademola Lookman. Namun Fiorentina juga banyak membuang peluang emas. Pertama dari upaya Belotti yang dapat digagalkan Ederson, kemudian sepakan Luca Ranieri yang tidak tepat sasaran.

Peluang bagus terakhir di laga ini menjadi milik Atalanta, melalui sepakan pemain pengganti Gianluca Scamacca, yang dapat ditahan kiper Terraciano.

Baca juga: Gasperini tegaskan Atalanta fokus amankan posisi empat besar

Daftar susunan pemain:

Fiorentina: Pietro Terraciano, Michael Kayode, Nikola Milenkovic, Luca Ranieri, Fabiano Parisi, Rolando Mandragora, Giacomo Bonaventura, Nicolas Gonzalez, Lucas Beltran (Arthur Melo 78’), Christian Kouame, Andrea Belotti (Jonathan Ikone 85’)
Pelatih: Vincenzo Italiano

  Atalanta: Marco Carnesecchi, Berat Djimsiti, Isak Hien, Sead Kolasinac, Emil Holm (Hans Hateboer 89’), Mario Pasalic (Ederson 46’), Marten De Roon, Matteo Ruggeri (Mitchel Bakker 60’), Teun Koopmeiners, Ademola Lookman (El Bilal Toure 78’), Aleksey Miranchuk (Gianluca Scamacca 46’)
Pelatih: Gian Piero Gasperinin

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024