Jakarta (ANTARA) - Lima berita pilihan ekonomi kemarin (3/4) menarik untuk dibaca hari ini, Kamis. Mulai dari kenaikan harga beli gabah, penyiapan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) selama periode mudik 2024, usulan program strategis Kementerian ESDM, kepastian stok energi pada masa lebaran, serta pembentukan Satuan Tugas (Satgas) perekonomian yang baru.

  Berikut rangkuman beritanya

  Bapanas beri fleksibilitas Bulog beli gabah petani Rp6.000 per kg

  Badan Pangan Nasional (Bapanas) memberlakukan fleksibilitas bagi Perum Bulog untuk harga pembelian pemerintah (HPP) gabah kering panen (GKP) di tingkat petani, menjadi Rp6.000 per kilogram (kg) dari yang sebelumnya Rp5.000 per kg.

  “Mulai hari ini Rabu (3/4/2024) sampai 30 Juni 2024, kita putuskan adanya fleksibilitas HPP bagi Bulog. Ini agar Bulog dapat meningkatkan stok CBP (cadangan beras pemerintah) yang berasal dari produksi dalam negeri, jadi tidak hanya bersumber dari importasi saja,” kata Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

  Baca berita selengkapnya

   

  PLN siapkan lima SPKLU keliling selama mudik Lebaran 2024

  PT PLN (Persero) menyiapkan lima stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) mobile atau SPKLU keliling untuk memenuhi kebutuhan para pengendara mobil listrik saat mudik Lebaran 2024.

  VP Pengendalian Operasi Sistem Ketenagalistrikan PT PLN (Persero), Nurdin Pabi, dalam jumpa pers di kantor BPH Migas, Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa SPKLU mobile ini akan disiapkan di jalur mudik Jawa Tengah dan Jawa Barat.

  Baca berita selengkapnya

   

  Kementerian ESDM usulkan optimalisasi dana untuk program strategis

  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulkan optimalisasi penggunaan dana output cadangan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebagai tambahan alokasi bagi berbagai program strategis tahun ini kepada Komisi VII DPR.

  “Optimalisasi output cadangan antarprogram antarunit Eselon 1 Kementerian ESDM pertama digunakan untuk kelanjutan pelaksanaan proyek Pipa Transmisi Cirebon-Semarang Tahap 2 ruas Batang-Cirebon-Kandang Haur Timur yang merupakan program strategis Direktorat Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas),” ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif di Jakarta, Rabu.

  Baca berita selengkapnya

   

  Pemerintah jamin pasokan energi aman dan andal selama periode RAFI

  Pemerintah menjamin pasokan energi yang meliputi BBM, gas bumi, dan ketenagalistrikan berjalan dengan aman dan andal selama periode Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2024.

  "Secara umum, kondisi ketahanan stok BBM, gas dan kelistrikan aman. Untuk BBM, baik gasoline, gasoil, kerosene, maupun avtur, ketahanan stok di atas 20 hari. Ketahanan stok LPG rata-rata 14 hari. Sementara, pasokan tenaga listrik sistem kelistrikan Jawa-Bali, Sumatra, Kalimantan, dan sebagian besar Indonesia timur juga aman," papar Kepala BPH Migas Erika Retnowati dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

  Baca berita selengkapnya

   

  Pemerintah membentuk Satgas AZEC dan Semikonduktor

  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Asia Zero Emission Community (AZEC) dan Satgas Penyiapan Ekosistem Semikonduktor.

  Pembentukan kedua satgas baru tersebut diarahkan untuk mengakselerasi mesin ekonomi baru melalui digitalisasi dan industri semikonduktor.

  “Komitmen AZEC sudah matang dan perlu segera ditindaklanjuti melalui terwujudnya beberapa proyek awal. Sementara pada pengembangan industri semikonduktor, langkah pertama untuk masuk pada rantai nilai semikonduktor adalah pengembangan logic design, yang membutuhkan SDM yang berkualitas,” kata Menko Airlangga, di Jakarta, Rabu.

  Baca berita selengkapnya

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024