Palu (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mendirikan posko mudik Lebaran 2024 yang tersebar di sejumlah titik di 13 kabupaten/kota guna memantau kelancaran arus mudik dan balik Lebaran di wilayah ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Sulteng Sumarno di Palu, Kamis, mengatakan posko mudik Lebaran bertujuan untuk memantau perkembangan dan pergerakan masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Tujuan didirikannya posko adalah sebagai pusat informasi dan pemantauan. Posko pusat dipusatkan di Jalan RA Kartini, Kota Palu, dengan seluruh informasi di daerah akan dikumpulkan di sini," ujar Sumarno.

Baca juga: Pemprov Sulteng fasilitasi mudik gratis jalur laut ke empat daerah
 
Ia mengatakan bahwa seluruh posko mudik Lebaran tersebut terkoordinasi oleh Dishub Provinsi Sulteng, yang juga dapat dimanfaatkan para pemudik untuk beristirahat saat perjalanan.
 
Adapun posko mudik Lebaran tersebut tersebar di sejumlah titik, yakni 12 posko pelabuhan, tujuh posko bandara, dua posko terminal tipe A, dua posko terminal tipe B, dan masing-masing satu posko terminal tipe C di 13 kabupaten/kota di Sulteng, dan satu posko di setiap Kantor Dishub kabupaten/kota.
 
Menurut Sumarno, prediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 di wilayah itu terjadi pada 5 April 2024 atau H-5 Lebaran karena telah memasuki masa libur Lebaran.
 
Karena itu, sebagai bentuk antisipasi ramainya masyarakat yang mudik pada waktu tersebut, Dishub Sulteng menyelenggarakan program mudik gratis.
 
"Kami telah memberangkatkan 217 orang pemudik menggunakan jalur darat dan 447 pemudik menggunakan jalur laut. Tujuannya untuk menghindari kepadatan saat arus mudik berlangsung, sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas," ujarnya.
 
Mudik gratis tersebut menggunakan 19 unit kendaraan untuk jalur darat ke enam daerah, yaitu Kabupaten Poso, Morowali, Morowali Utara, Ampana, Tentena, serta Luwuk, dan satu kapal perintis dengan tujuan Ogoamas, Malala, Toli-toli dan Buol.

Baca juga: KMP Dolosi disiapkan layani pelayaran mudik lebaran

Baca juga: Pemprov Sulteng harap perayaan Idul Fitri dan mudik berlangsung tertib
 
Pihaknya juga memastikan bahwa armada angkutan mudik telah dilakukan ramp check dan sopir angkutan telah mendapatkan pemeriksaan kesehatan.
 
Dishub Sulteng juga mengerahkan personel untuk mengatur lalu lintas di setiap ruas jalan maupun di terminal-terminal bus antarkota antarprovinsi (AKAP).
 
"Kami berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memastikan penyelenggaraan angkutan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah berjalan dengan baik, sehingga masyarakat dapat mudik dengan aman dan lancar," ujarnya.
 
Dia meminta masyarakat yang akan mudik untuk memperhatikan keselamatan saat dalam perjalanan dengan selalu berhati-hati dan memastikan kondisi fisik sehat.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024