Mudik gratis ini sudah menjadi tradisi masyarakat kita saat menjelang merayakan hari-hari besar keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri tahun ini
Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memfasilitasi mudik dan balik gratis Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah menggunakan jalur laut bagi masyarakat dengan tujuan empat daerah di provinsi setempat, yakni Ogoamas, Malala, Toli-toli dan Buol ​​​​​​.

"Mudik gratis ini sudah menjadi tradisi masyarakat kita saat menjelang merayakan hari-hari besar keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri tahun ini," kata Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir saat pelepasan mudik gratis Lebaran 1445 H di Donggala, Senin.

Baca juga: Pelni sediakan 100 tiket balik gratis untuk masyarakat NTT
 
Ia mengatakan, mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah merupakan program pemerintah terhadap masyarakat yang ingin berkumpul bersama keluarga yang akan kembali ke kampung halaman masing-masing guna merayakan Idul Fitri bersama keluarga.
 
Menurut dia, mudik gratis ini sebagai upaya menguatkan hubungan antarpemerintah daerah dengan masyarakat sehingga ke depan akan terus terjalin hubungan baik dalam membangun gerak cepat menuju Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan lebih maju.
 
Untuk mudik gratis jalur laut, Pemprov Sulteng menyediakan 1000 kuota seat dengan menggunakan armada kapal perintis Sabuk Nusantara 89. Sementara itu, Pemprov Sulteng juga menyediakan 600 kuota untuk mudik menggunakan jalur darat.

Baca juga: Pengamat minta pemerintah arahkan pemudik motor pakai kapal laut
 
Adapun mudik gratis jalur laut disiapkan untuk sejumlah rute dari Pelabuhan Wani di Kabupaten Donggala dengan tujuan Ogoamas, Malala, Toli-toli dan Buol dan begitu juga dengan arus balik mudik.
 
Sementara untuk jalur darat disediakan dengan rute tujuan dari Kota Palu menuju Poso, Tentena, Ampana, Luwuk, Morowali dan Morowali Utara.
 
Wagub berharap baik nahkoda kapal maupun pengemudi, sopir pengangkut mudik Jalur laut dan jalur darat, untuk selalu dalam sehat, menaati aturan keselamatan pelayaran rambu-rambu lalu lintas dan selalu mengutamakan keselamatan keamanan berlalu lintas di jalan.
 
"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 dan selamat jalan kepada seluruh peserta mudik. Semoga perjalanan saudara mendapatkan perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa serta aman dan lancar agar tiba dengan selamat sampai di tujuan," ujarnya.

Baca juga: Polda Sumut gratiskan mudik mahasiswa Medan dari Jakarta

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024