Pengoperasian fungsional ini akan dilakukan selama 24 jam dan dapat dilalui secara penuh
Medan (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi II (Lima Puluh-Kisaran) sepanjang 32,15 km untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan bahwa pengoperasian fungsional ini akan dimulai pada 4 April 2024 pukul 09.00 WIB hingga 16 April 2024 pukul 17.00 WIB, dan akan dilakukan selama 24 jam secara penuh.

"Pengoperasian fungsional ini akan dilakukan selama 24 jam dan dapat dilalui secara penuh, sehingga bisa memangkas setengah waktu tempuh perjalanan dari Medan-Kiasaran 5 jam menjadi 2 jam 30 menit, membuat mobilitas masyarakat ketika mudik Lebaran mendatang menjadi semakin mudah," ujar Adjib dalam keterangannya yang diterima di Medan, Kamis.

Ia mengaku ruas tol yang fungsional itu telah melalui tahapan uji laik fungsi (ULF) dan telah dikeluarkan surat laik opetasi (SLO) oleh Dirjen Bina Marga pada 28 Maret 2024.

"Bahwa seksi tol ini merupakan lanjutan dari Tol Indrapura-Kisaran Seksi I (Indrapura-Lima Puluh) sepanjang 15,6 km yang sebelumnya telah dioperasikan pada 10 November 2023, dan telah diberlakukan tarif pada 29 Februari 2024," kata dia lagi.

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat yang hendak mudik untuk mengetahui tarif jalan tol dan mengecek kecukupan saldo kartu Uang Elektronik (UE) sebelum melintas pada ruas jalan tersebut.

"Terlebih karena jalan tol ini baru saja secara resmi diintegrasikan dengan Tol MKTT dan Kutepat sehingga pengguna jalan tol harus menggunakan satu kartu UE yang saat melintasi gerbang tol tersebut," ujarnya pula.

Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol dengan kecepatan minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat, serta memantau seluruh informasi mudik di Trans Sumatera pada akun media sosial @HutamaKaryaTollRoad.
Baca juga: Hutama Karya sesuaikan tarif Tol Medan-Binjai mulai 19 Mei
Baca juga: Polda Sumut antisipasi 79 titik macet saat Natal-Tahun Baru

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024