Pangsa pasar durian Vietnam di China telah mencapai 31,8 persen yang berarti hanya lebih rendah dari Thailand sebesar 68 persen
Hanoi (ANTARA) - Pangsa pasar durian Vietnam di China telah mencapai 31,8 persen yang berarti hanya lebih rendah dari Thailand sebesar 68 persen, seperti dilansir Vietnam News Agency pada Rabu (3/4) mengutip pernyataan Departemen Perlindungan Tanaman Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam.

Jika Vietnam terus memanfaatkan peluang, keunggulan, dan mengelola produksinya secara profesional, serta konsisten meningkatkan teknik dan kualitas, pangsa pasar durian negara tersebut dapat melampaui Thailand dan mendominasi pasar China, kata departemen itu.

Vietnam saat ini memiliki 708 area penanaman durian dan 168 fasilitas pengemasan dengan kode transaksi yang diterbitkan langsung oleh Administrasi Umum Bea Cukai China untuk mengekspor produk mereka ke China.

Total area penanaman durian di Vietnam telah mencapai 112.000 hektare dengan keluaran atau output tahunan sebesar 863.000 ton.

Durian Vietnam sebagian besar diekspor ke China dengan volume mencapai 595.000 ton pada 2023 atau menyumbang 98,6 persen dari total ekspor untuk kelompok produk ini. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024