Jakarta (ANTARA) - Jumlah penumpang di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, diprakirakan mencapai 3.000 orang pada enam hari sebelum (H-6) Lebaran, Kamis.

Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen menyebutkan, hingga pukul 11.00 WIB jumlah penumpang di Terminal Kalideres sudah mencapai 915 penumpang.

"Hari ini pukul 11.00 WIB itu tercatat penumpang sudah mencapai 915 orang yang berangkat dan diprakirakan hari ini akan mencapai lebih kurang 3.000 penumpang," ungkap Revi saat dihubungi di Jakarta.

Tujuan favorit penumpang dari terminal itu adalah Jawa Tengah dan Padang (Sumatera Barat) dan Palembang (Sumatera Selatan). "Untuk tujuan favorit itu masih Jawa Tengah, Padang dan Palembang," kata Revi.

Baca juga: Dompet Dhuafa dirikan tujuh posko mudik 
Baca juga: Wonogiri tujuan favorit mudik gratis Pemprov DKI

Revi mengatakan bahwa menurut prediksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) puncak arus mudik tahun ini akan terjadi pada H-4 atau H-3 lebaran.

"Tahun ini diperkirakan puncak mudik pada H-4 atau H-3, 6 atau 7 April, yakni dapat mencapai 7.000 sampai 7.500 penumpang," kata Revi.

Angka prediksi tersebut jauh lebih banyak dari jumlah penumpang pada puncak arus mudik tahun 2023. "Pada 2023, data yang ada, terjadi puncak arus mudik itu H-3 Lebaran dengan mencapai 5.655 penumpang," kata Revi.

Selain itu, pada tahun 2024, pengguna bus untuk mudik diprakirakan mencapai 27 persen.

"Karena data kalau tidak salah 27 persen menggunakan bus, di atasnya menggunakan kereta api. Di bawah penggunaan bus penggunaan kendaraan pribadi," kata Revi.
Baca juga: Puncak arus mudik di Terminal Pulogebang diperkirakan pada H-3 Lebaran
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024