Tim ini akan selalu siaga, melakukan patroli. Kemudian bila ditemukan ada kendala, maka langsung melakukan pemindahan ke bahu jalan, selanjutnya akan diambil alih otoritas jalan tol
Karawang, Jawa Barat (ANTARA) - Aparat kepolisian menyiagakan tim penyisir Jalan Tol Trans Jawa ruas Jakarta – Cikampek (Japek) untuk menolong kendaraan mogok atau rusak, sehingga tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas mudik Lebaran 2024.

Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karawang AKP Lucky Martono di Karawang, Kamis, mengatakan penyisir ini terdiri dari anggota personel satlantas tingkat Polda Jawa Barat, Polres Karawang, dan beberapa perbantuan dari Korlantas Mabes Polri.

“Tim ini akan selalu siaga, melakukan patroli. Kemudian bila ditemukan ada kendala, maka langsung melakukan pemindahan ke bahu jalan, selanjutnya akan diambil alih otoritas jalan tol,” katanya saat memantau dari Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya rest area KM 57.

Baca juga: Pemudik rela antre tukar uang baru di rest area KM 57 Tol Japek

Sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan adanya kendaraan yang membutuhkan pertolongan petugas. Terlebih kondisi arus lalu lintas dari arah Jakarta maupun dari arah Pemali melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama masih terpantau ramai lancar.

Namun ia menginstruksikan petugas di lapangan perlu meningkatkan kewaspadaan mulai Sabtu (4/4) atau H-4 hingga H-2 Lebaran yang diperkirakan sebagai puncak arus mudik.

Adapun berdasarkan data dari Jasa Marga, di GT Cikampek Utama terdapat 259 ribu keluar masuk Jakarta atau meningkat 66,8 persen pada arus mudik, naik bila dibandingkan hari normal.

Baca juga: PUPR: Tol Japek II Selatan akan difungsionalkan di mudik Lebaran 2024

Peningkatan volume kendaraan yang keluar-masuk inilah yang, menurut dia, perlu diwaspadai secara maksimal oleh petugas di lapangan, karena bila sedikit terjadi hambatan maka dampaknya meluas.

“Kami tetap mengimbau tetap perhatikan informasi seputar arus mudik. Kemudikan hal yang tak kalah pentingnya adalah tetap utamakan keamanan dan keselamatan kendaraan, dan juga jangan lupa jaga kondisi kesehatan,” ujarnya.

Baca juga: Integrasi Tol Japek-Jalan Layang MBZ pangkas waktu tempuh perjalanan

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024