Kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) buatan China menguasai 62 persen pangsa pasar kendaraan tersebut di global dalam dua bulan pertama 2024,
Bejing (ANTARA) - Kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) buatan China menguasai 62 persen pangsa pasar kendaraan tersebut di global dalam dua bulan pertama 2024, menurut Sekretaris Jenderal Asosiasi Mobil Penumpang China (China Passenger Car Association) Cui Dongshu.

Selain itu, China juga meraih pangsa pasar yang luar biasa yakni 70 persen dalam pasar mobil listrik plug-in hybrid global selama periode Januari-Februari 2024.

Mengutip data yang menunjukkan bahwa penjualan mobil global mencapai 12,65 juta unit termasuk 1,9 juta unit NEV dalam dua bulan pertama 2024, Cui menekankan peran krusial China dalam transisi hijau industri otomotif.

Cui mengaitkan kinerja solid China di pasar Asia Tenggara dengan kuatnya rantai pasokan domestik, yang menghasilkan peningkatan penjualan dan ekspor domestik.

Melanjutkan tren pertumbuhan sejak 2022 saat pangsa pasar NEV China melampaui 60 persen dari global, negara tersebut kian memantapkan kepemimpinan pasarnya pada 2023 dengan total produksi dan penjualan yang menembus 9 juta unit. Angka itu menunjukkan China menjadi yang terdepan di pasar NEV global selama sembilan tahun berturut-turut. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024