...ada lima unit rumah yang ludes terbakar"
Pontianak (ANTARA News) - Sejumlah penghuni di perumahan guru di SMP Negeri I Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, masih mengungsi ke berbagai tempat setelah perumahan itu terbakar pada Minggu (10/11) sore.

Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bengkayang, Mujidi, saat dihubungi di Pontianak, Senin, mengatakan peristiwa itu cukup menggemparkan salah satu kawasan transmigrasi di Kalbar.

"Informasi yang dihimpun, ada lima unit rumah yang ludes terbakar," kata Mujidi.

Perumahan guru tersebut terletak di Komplek SMP Negeri I Sanggau Ledo. Tepatnya di Jalan Sujadi No 90, Dusun Lembang Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang.

Dua dari lima unit rumah tersebut tidak berpenghuni. Rumah yang berpenghuni masing-masing ditempati Yunianto (tiga orang ), Martina (empat orang) dan Yulita (satu orang).

Sementara itu berdasarkan informasi yang diterima, api diduga berasal dari salah satu rumah yang penghuninya sedang masak air.

Namun, penghuni rumah tersebut kemudian pergi dan terjadilah kebakaran.

Salah seorang warga, Meizeren Zain mengatakan, kejadian itu menggemparkan warga.

"Saat kejadian, warga turun ke jalan dan ada yang memberikan bantuan," kata dia.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul tiga sore. Berkat bantuan warga, sekitar pukul empat sore, api akhirnya berhasil dipadamkan.

Kecamatan Sanggau Ledo merupakan salah satu pusat transmigrasi di Kalbar. Jagung menjadi komoditas utama pertanian setempat. Letaknya di perlintasan utama dari Kota Bengkayang menuju Jagoi Babang di perbatasan Kalbar -Sarawak.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013