Situbondo (ANTARA) - Otoritas Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur memberikan izin surat persetujuan berlayar (SPB) kapal feri mudik gratis KMP Wicitra Dharma I mengangkut penumpang melebihi dari kapasitas khusus angkutan Lebaran 2024.

Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Jangkar, Situbondo pada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Jawa Timur Ahmad Rozikin di Situbondo, Kamis, mengatakan perusahaan pelayaran mengajukan penambahan kapasitas penumpang ke Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).

"Sebelumnya sudah ada pengajuan penambahan muatan atau tambahan jumlah penumpang dari kapasitas 250 penumpang dispensasi menjadi 305 penumpang pada tahap dua mudik gratis hari ini dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo ke Pulau Raas, Kabupaten Sumenep," katanya.

Selain itu, lanjut Rozikin, kapal motor penyeberangan tersebut juga telah memenuhi alat keselamatan, seperti jaket pelampung dan alat keselamatan pelayaran lainnya.

Pemberian izin surat persetujuan berlayar KMP Wicitra Dharma I dari BPTD, katanya, juga didukung cuaca pada hari ini di Selat Madura, bagus dan masih normal, sehingga keberangkatan dinilai aman sampai Pulau Raas.

"Kapal feri mudik gratis khusus rute Jangkar-Raas tahap dua hari ini sudah diberangkatkan sekitar pukul 19:00 WIB. Jumlah penumpang 305 dan sepeda motor 143 unit," kata Rozikin.

Pemprov Jatim memfasilitasi mudik dan balik gratis Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah bagi warga Pulau Raas dengan menyediakan satu unit kapal laut yakni KMP Wicitra Dharma I diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar.

Satu unit kapal motor penyeberangan mengangkut pemudik gratis rute Jangkar-Raas pergi pulang (PP) sebanyak empat trip pada tanggal 2, 4, 6 dan 8 April 2024.

Sedangkan setelah Lebaran, lanjut dia, juga ada tiga kali keberangkatan kapal feri dari Raas ke Jangkar, yakni tanggal 23, 25 dan 27 April 2024.

Baca juga: Sekdaprov Jatim berangkatkan kapal feri mudik gratis Situbondo-Madura
Baca juga: BPTD batasi kendaraan logistik penyeberangan Situbondo-Madura
Baca juga: Pemprov Jatim siapkan kapal laut mudik gratis Situbondo-Madura

 

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024