lapangan parkir yang ada di Polsek-Polsek
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Utara mengajak masyarakat setempat untuk memanfaatkan layanan titip kendaraan di kantor polisi saat melakukan mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami membuka layanan ini bagi masyarakat untuk menitipkan kendaraan di lapangan parkir yang ada di Polsek-Polsek," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Gidion Arif Setyawan di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan layanan ini gratis bagi warga yang ingin menitipkan kendaraan mereka selama mudik ke kampung halaman.

"Kami sudah instruksikan ini kepada seluruh jajaran agar menyiapkan lapangan parkir kendaraan untuk masyarakat menitipkan kendaraan mereka," kata dia.

Baca juga: Sekda DKI imbau pemudik tak ajak sanak saudara adu nasib ke Jakarta

Polres Metro Jakarta Utara menyiapkan lapangan parkir di Polsek Kelapa Gading, Polsek Koja, Polsek Penjaringan, Polsek Tanjung Priok dan Polsek Pademangan.

"Ini semua bisa dimanfaatkan masyarakat," kata dia.

Ia juga mengimbau warga yang mudik agar waspada dan berhati-hati saat meninggalkan tempat tinggal saat mudik.

Bisa dengan menitipkan kepada tetangga yang tetap di Jakarta dan mengunci rumah dalam kondisi aman.

Baca juga: Program mudik gratis Pemprov DKI 2024 bisa irit ongkos

"Jelang Lebaran ini biasanya potensi tindak pidana meningkat seperti pencurian, pencurian sepeda motor dan lainnya," kata dia.

Alumni Akademi Kepolisian 1996 ini mengatakan jelang Lebaran ini membuat seseorang ingin mendapatkan uang dengan instan dan salah satu upaya yang dilakukan dengan mencuri.

"Ada sepeda motor yang parkir dicolong begitu saja. Ini tentu harus jadi perhatian bersama agar warga waspada serta meningkatkan pengamanan terhadap barang berharga," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024