Jeremy Irons berhenti beli baju demi kurangi sampah

Jeremy Irons berhenti beli baju demi kurangi sampah

Aktor Jeremy Irons juga bermain dalam film "The Man in the Iron Mask". (REUTERS)

Saya berhenti membeli baju dan sepatu baru...
Jakarta (ANTARA News) - Aktor Inggris Jeremy Irons punya trik sendiri untuk mengurangi sampah, antara lain dengan berhenti membeli baju dan sepatu baru.

"Saya berhenti membeli baju dan sepatu baru, sekarang saya pakai sepatu usang dan suka baju lusuh," katanya usai menjadi pembicara dalam pemutaran perdana film dokumenternya "Trashed" di Erasmus Huis, Jakarta Selatan, Senin (11/11).

Pelakon yang pernah membintangi sejumlah film seperti "Kingdom of Heaven" dan "Die Hard" itu mengatakan film "Trashed" telah mengubah beberapa kebiasaan pribadinya, terutama dalam hal "menyampah".

"Kalau ingin belanja, saya selalu pergi ke toko yang barang-barangnya tidak saya inginkan, jadi saya tidak jadi belanja. Kalau ada yang bilang belanja bisa bikin kamu bahagia, itu bohong!" katanya.

Jeremy juga mengaku suka membuka bungkus barang-barang yang dia beli di toko.

"Saya bilang sama petugas toko, kamu saja yang mengurusi sampahnya. Saya tidak butuh apel saya dibungkus plastik, atau persik saya dibungkus plastik. Aneh, zaman sekarang buah-buahan sering dibungkus pakai plastik satu-satu," katanya.

Di rumah atau lokasi syuting tempat dia bekerja, Jeremy juga selalu menyediakan beberapa tempat sampah yang berbeda untuk mewadahi sampah yang bisa didaur ulang dan tidak.

"Saya juga selalu menyediakan water fountain, semua kota yang berperadaban seharusnya punya itu," kata dia mengacu pada keran air minum untuk umum.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar