Jakarta (ANTARA) - Ratusan mushaf Alquran diwakafkan kepada Masjid Istiqlal oleh Yayasan Muslim Sinar Mas dan APP Group sebagai bentuk dukungan dalam pembangunan akhlak mulia.

"Keberadaan Masjid Istiqlal selama ini sebagai salah satu sentra pembentukan akhlak mulia umat Muslim membuat kami kembali mewakafkan mushaf Alquran guna memberdayakan masyarakat dengan memberi kesempatan untuk membaca, memaknai kemudian mengamalkan isinya dalam keseharian," ujar Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas (YMSM) Saleh Husin.

Dalam pernyataannya yang diterima di Jakarta, Jumat, dia berharap pemberian pemberian tersebut dapat memungkinkan jamaah untuk melakukan tadarus, khususnya di penghujung bulan Ramadhan.

Menurut Saleh, wakaf adalah bagian dari komitmen dukungan Sinar Mas dan APP Group terhadap penyebarluasan nilai keislaman yang terbuka, damai, toleran dan peduli sesama sebagaimana dilakukan Masjid Istiqlal selama ini. Wakaf tersebut diserahkan secara simbolis kepada Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar pada Rabu (3/4).

"Kegiatan kali ini adalah kesempatan keempat kami mewakafkan mushaf Alquran kepada Masjid Istiqlal," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Saleh dan Wakil Ketua YMSM Yan Partawijaya mendampingi Ketua Pelaksana Amaliyah Ramadan Masjid Istiqlal Ismail Cawidu dalam penyerahan mushaf kepada anak-anak yatim piatu dari sejumlah panti asuhan.

Menurutnya, YMSM hadir mewadahi praktik ke-Islam-an yang terbuka, toleran, setara, dan penuh kasih di lingkup seluruh pilar usaha Sinar Mas, guna meningkatkan ketakwaan sekaligus produktivitas kerja. Sementara bagi pihak eksternal, katanya, yayasan mendorong silaturahim sekaligus sinergi bersama sosok maupun lembaga keagamaan, melalui beragam kegiatan sosial, dan pendidikan

Vice Director APP Group Irsyal Yasman mengatakan, sejak tahun 2008 hingga kini, sebanyak 1,3 juta mushaf telah tersalurkan lewat program Wakaf Quran, baik melalui mitra, maupun oleh pilar bisnis Sinar Mas, untuk lembaga keagamaan, entitas pendidikan, komunitas, hingga kesatuan TNI-Polri di berbagai kota, termasuk sejumlah pula terluar Nusantara.

Irsyal menyebut inisiatif wakaf oleh yayasan dan berbagai pilar usaha Sinar Mas sebagai sesuatu yang membahagiakan pihaknya, karena mushaf-mushaf tersebut menggunakan material khusus dari mereka.

“Mushaf Alquran yang kami wakafkan dicetak di atas kertas premium Sinar Tech, atau lebih dikenal sebagai Quran Paper, yang pengembangan hingga produksinya memang kami khususkan bagi pencetakan kitab suci dan buku-buku agama,” ujarnya.

Baca juga: Sinar Mas salurkan wakaf ribuan mushaf Alquran

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Baca juga: Wapres beri tausiah saat Tarawih di Masjid Istiqlal

Baca juga: Kemenag canangkan budaya menulis mushaf Alquran

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024