Manchester (ANTARA News) - Wayne Rooney menjadi pemain yang paling berperan ketika timnya menang atas pemuncak klasemen, Arsenal, 1-0 dalam pertandingan Liga Premier Inggris minggu ke-11 dikandang United, Old Trafford, Minggu lalu.

Sepak pojok yang dilakukan Rooney di menit 27 disundul oleh Van Persie dan memberikan kemenangan yang dibutuhkan oleh David Moyes untuk memangkas selisih poin dengan The Gunners di puncak klasemen menjadi lima poin saja.

Jamie Carragher, legenda Liverpool dan komentator Sky Sports yakin bahwa Rooney adalah alasan United masih berpeluang mempertahankan mahkota juara Liga Premier Inggris.

"Ini bukanlah United klasik yang kita lihat masih ada pemain tua dan banyak pemain yang tidak bermain baik, tapi dia (Rooney) orang yang berperan mendorong Man United seorang diri kali ini," kata Jamie Carragher dilansir dari Sky Sports (11/11).

Carragher mengatakan kinerja Rooney terlihat mengesankan dan penyerang Inggris tersebut adalah aktor perubahan dalam kinerja United yang kian membaik. Carragher juga terkesan daya tahan tubuh Rooney.

"Anda lihat para pemain berteknik di klub lawan, Ozil dan Ramsey, tapi Rooney memiliki kekuatan dan daya tahan, dia tipe pemain Liga Inggris yang khas, itulah sebabnya bersama Manchester United dia adalah salah satu pemain top di liga kami.

"Kami telah berbicara banyak musim ini tentang duet antara striker papan atas tapi saya pikir United punya beberapa striker terbaik di Eropa dan Rooney menjadi yang terbaik dari mereka. Penampilannya hari ini dibandingkan beberapa pemain lain di pertandingan, dia adalah pemain terbaik." katanya.

Bahan pembicaraan musim ini kebanyakan tentang duet striker di Liverpool (Sturridge dan Suarez ) atau Manchester City (Negredo dan Aguero), Tapi Carragher memuji Rooney dan Van Persie sama baiknya dengan mereka.

"Hari ini saya pikir Rooney dan Van Persie adalah duet yang brilian," tambah Carragher .

"Kata Arsene Wenger sebelum pertandingan, 'dia masih melihat Van Persie sebagai pemain Arsenal'. Saya berpikir mungkin Robin mendengar hal itu dan dengan melihat reaksinya ketika ia mencetak gol, dibandingkan dengan musim lalu dimana Van Persie jauh lebih hormat, saya pikir dia menunjukkan hari ini dia adalah pemain Manchester United dan ini adalah klub dimana ia berada," kata mantan bek tengah Liverpool dan timnas Inggris itu.

"Tahun lalu Van Persie adalah pemain yang menonjol di liga. Rooney punya masalah dengan keluar masuk tim utama. Van Persie mencetak gol dan kami telah mengatakan bahwa duet striker United juga sebaik yang lain." tambah Carragher yang pensiun dari Liverpool akhir musim lalu.

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013