Memasuki H-7 volume kendaraan yang melintas terpantau dari Mini Command Center Dishub Cianjur, mengalami peningkatan sejak Jumat petang, dimana kendaraan yang melintas per menit mencapai 500 kendaraan dengan ciri khas mudik, didominasi kendaraan roda
Cianjur (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat  pada H-7 Lebaran kendaraan dengan ciri khas mudik yang melintas di jalur utama Cianjur, mengalami peningkatan didominasi kendaraan roda empat dengan tujuan Bandung Barat, Bandung dan seterusnya.

Kepala Dishub Cianjur, Tedi Artiawan di Cianjur Jumat, mengatakan hasil pantauan pihaknya tujuh hari menjelang Lebaran kendaraan yang melintas di jalur utama Cianjur mengalami peningkatan dari 200 kendaraan per menit menjadi 500 kendaraan per menit.

"Memasuki H-7 volume kendaraan yang melintas terpantau dari Mini Command Center Dishub Cianjur, mengalami peningkatan sejak Jumat petang, dimana kendaraan yang melintas per menit mencapai 500 kendaraan dengan ciri khas mudik, didominasi kendaraan roda empat," katanya.

Dia menjelaskan, libur panjang hari raya tahun ini, Dishub Cianjur sudah memiliki Mini Command Center, dimana pengawasan, pemantauan dan penghitungan kendaraan yang melintas dapat di pantau melalui CCTV yang terpasang di beberapa ruas jalan protokol, provinsi dan jalan nasional.

Tercatat sekitar 50 lebih CCTV yang dipasang di titik strategis, sehingga pemantauan dan pengawasan dapat dilakukan di Mini Command Center yang terpusat di Kantor Dishub Cianjur, sehingga saat terjadi kemacetan di sejumlah titik petugas dapat langsung diturunkan.

"Dalops langsung meluncur ke lokasi untuk pengurai macet berkoordinasi dengan Satlantas Polres Cianjur, sehingga antisipasi cepat dapat dilakukan agar antrean tidak menyebabkan macet total,” katanya.

Sedangkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang melintas dengan berbagai tujuan kota/kabupaten di Jabar, pihaknya menambah rambu dan papan penunjuk arah guna memudahkan mereka untuk melintas.

"Kami sudah menyiapkan rambu dan papan penunjuk arah guna memudahkan pemudik yang melintas, termasuk menyediakan tempat istirahat bagi pemudik yang membutuhkan sebelum melanjutkan perjalanan di halaman kantor Dishub Cianjur," katanya.

Baca juga: Dishub Garut sebar rambu petunjuk arah dan bencana di jalur mudik
Baca juga: Mudik ke Cianjur aman dengan mobil listrik, ini alasannya
Baca juga: Pemkab Cianjur Jabar kembali gelar mudik gratis ke wilayah selatan

 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024