"....Pada babak pertama, para pemain masih adaptasi dengan artificial turf, walaupun mendominasi permainan, tapi masih sering salah passing. Baru di babak kedua, para pemain mulai efektif memainkan passing cepat satu-dua sentuhan."
Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia U-23 mencatat kemenangan 3-0 atas Citizen FC Hong Kong, dalam uji coba perdananya di Po Kong Village Park – Turf Pitch, Hong Kong, Selasa.

Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Andik Vermansyah (45’), Ramdani Lestaluhu (48’), dan Ferinando Pahabol (87’).

Kendati bermain di kandang lawan, skuad Garuda Muda tampil cukup percaya diri, dan mampu mendominasi permainan.

Pelatih Timnas U-23, Rahmad Darmawan, menurunkan Sunarto sebagai penyerang tunggal, ditopang oleh Ramdani Lestaluhu, Pahabol dan Andik Vermansyah. Dua gelandang tengah untuk menjaga keseimbangan permainan dipercayakan kepada  Egi Melgiansyah dan Rizky Pellu.

Sedangkan di pertahanan, kuartet Alfin Tuasalamony, Manahati Lestusen, Andri Ibo dan Diego Michiels, nampaknya semakin kokoh sebagai pilar inti di lini belakang timnas U-23 yang diproyeksikan tampil di SEA Games 2013.

Indonesia sendiri baru bisa mencetak gol pada penghujung babak pertama, tepatnya di menit ke-45, lewat gol Andik Vermansyah. Dua gol tambahan terjadi di babak kedua, melalui Ramdanai Lestaluhu, pada menit ke-48, memanfaatkan assist dari Sunarto. Gol Pahabol pada menit ke-87, menutup pertandingan dengan skor 3-0 untuk kemenangan Indonesia.

"Alhamdulillah, hasil uji coba pertama kita berakhir dengan kemenangan. Pada babak pertama, para pemain masih adaptasi dengan artificial turf, walaupun mendominasi permainan, tapi masih sering salah passing. Baru di babak kedua, para pemain mulai efektif memainkan passing cepat satu-dua sentuhan," kata Rahmad Darmawan seperti dilansir situs resmi ligaindonesia.

Kemenangan dengan margin 3 gol, tetap dinilai sebagai perkembangan positif bagi skuad Garuda Muda. Paling tidak, ada perbaikan dalam hal visi bermain para penyerang timnas U-23, dan variasi serangan yang lebih baik.

"Sebagai catatan, walaupun semua gol dicetak bukan oleh striker, tapi gol terjadi karena andil dari pergerakan dan umpan striker. Variasi serangan hari ini baik, terutama di babak 2. Namun masih perlu terus diuji lagi dalam beberapa kali ujicoba," kata Rahmad.

Timnas U-23 masih akan melakoni satu kali uji coba lagi melawan Sun Pegasus, Kamis (14/11). Menurut Rahmad, saat menghadapi Sun Pegasus, ia akan menurunkan starting eleven dengan pemain yang tidak bermain lawan Citizen. Di babak kedua, ia baru membuka kesempatan kepada starter lawan Citizen, untuk kembali dimainkan.

Susunan pemain: Kurnia Meiga (GK); Andri Ibo, Manahati Lestusen, Alfin Tuasalamony, Diego Michiels/Roni'65; Rizky Pellu, Egi Melgiansyah/Dedi Kusnandar'76, Andik Vermansyah/Bayu Gatra'60, Ferinando Pahabol, Ramdani Lestaluhu/Octo Maniani'70, Sunarto/Fandi Eko'55. (*)

Pewarta: Tasrief Tarmizi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013