Kami akan kawal pengendara kendaraan roda dua mulai dari simpang JLS sampai ke sini (Ciwandan)
Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Inspektur Jenderal Polisi Abdul Karim menyiapkan sistem penyekatan di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon untuk mengawal dan mengarahkan pemudik berkendaraan roda dua menuju Pelabuhan Ciwandan.

"Kami akan kawal pengendara kendaraan roda dua mulai dari simpang JLS sampai ke sini (Ciwandan). Akan kami sekat, kami kumpulkan kendaraan, kemudian kami kawal melewati JLS terus malam ini," kata Abdul saat melepas pemudik dengan sepeda motor di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten, Jumat malam.

Personel Polda Banten yang bertugas dalam sistem tersebut diminta mengarahkan pemudik sekaligus memperkuat penjagaan keamanan karena arus kendaraan roda dua diperkirakan akan terus berdatangan ke Ciwandan hingga Sabtu dini hari.

Kegiatan pengamanan arus mudik dan balik pada lebaran tahun ini diharapkan bisa berjalan optimal, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya pemudik.

Kemudian personel juga dapat mengimbau pemudik agar memanfaatkan pos penjagaan, pos mudik, hingga kantor polsek untuk beristirahat jika merasa lelah dan mengantuk.

Pantauan terkini, jalur kepadatan pemudik sudah mulai terlihat memendek di area Pelabuhan Ciwandan pada pukul 02.53 WIB, dengan antrean di Jalan Raya Pelabuhan sekitar 650 meter dari lokasi tambat kapal.

Diketahui, pemudik bersepeda motor diberangkatkan dengan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Kumala di area dermaga VI Pelabuhan Ciwandan.

Berdasarkan data manifes angkutan lebaran di Pelabuhan Ciwandan akumulasi Pelindo sejak 3 April, jumlah pemudik berkendaraan roda dua telah mencapai 8.405 unit pada Jumat malam.

Baca juga: Polisi imbau pengendara motor tak bawa muatan berlebih saat mudik
Baca juga: Ratusan CCTV dipasang di Pelabuhan Merak guna pantau arus mudik

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024